Dosen STAI Al-Fatah: Islam Agama Sempurna dan Universal

Jakarta, MINA – Dosen STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat Ali Farkhan Tsani mengatakan, Islam adalah agama yang sempurna dan universal, agama kejujuran dan amanah, agama kemuliaan dan kekuatan.

“Islam dibangun di atas dasar tauhid, sedangkan ruhnya adalah keikhlasan, serta syi’ar-nya adalah toleransi dan persaudaraan sesama manusia,” kata Ali Farkhan dalam Tausiyahnya di Masjid Hizbullah, Jakarta Utara, Ahad (14/6).

Menurutnya keseluruhan kandungan agama Islam adalah kebaikan dan kemaslahatan bagi umat manusia. Islam merupakan agama yang mudah, agama toleransi, agama keadilan dan persamaan, agama penuh kelembutan, cinta, kasih sayang dan persaudaraan.

“Islam adalah agama yang mengajarkan ilmu dan amal, serta menunjukkan kepada jalan yang lurus. Karenanya Islam memerintahkan pada kaum muslimin melarang melakukan perbuatan keburukan,” ujar Ali Farkhan yang juga Redaktur Senior Kantor Berita MINA.

Lanjutnya, setiap perintah agama Islam pasti mengandung manfaat dan kebaikan, dan sebaliknya larangan agama Islam pasti mengandung kerugian dan kejelekan. Maka setiap perintah dan larangan Islam termasuk di antara keindahannya.

Syariat Islam ditetapkan untuk menjaga dan memelihara lima hal penting dan asasi, yaitu: agama, jiwa, keturunan, akal dan harta. Semua itu merupakan merupakan lima perkara mendesak pada kehidupan manusia (Adh-Dharuriyat al-Khamsu).

Sehingga dikatakannya setiap orang yang melanggar salah satu masalah ini harus mendapatkan hukuman yang ditetapkan syari’at yang disesuaikan dengan pelanggaran tersebut.

“Salah satu bukti yang menunjukkan ketinggian Islam adalah disyari’atkan nya hukuman (hudud) terhadap pelanggar pidana dalam kasus-kasus tertentu,” katanya.

Terutama dalam kejahatan yang mengakibatkan kerugian pihak lain baik materi, moral maupun jiwa. Oleh karena itu Islam sangat ketat dan tegas di dalam melindungi ummat, baik yang berkaitan dengan jiwa, harta, kehormatan, akal dan lain sebagainya. (L/R3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)