DPR Apresiasi Perpustakaan di Tingkat Desa

Yogyakarta, 26 Dzulqadah 1437/29 Agustus 2016 (MINA) – Anggota Komisi X DPR My Esti Wijayati mengapresiasi keberadaan perpustakaan daerah di tingkat desa namun mampu meningkatkan kapastitas anak-anak yang berada disekitar untuk meningkatkan kecerdasan dan pendidikannya melalui perpustakaan.

“Meskipun jauh dari keramaian, jauh dari kota, ini adalah daerah perbatasan yang berada di sebuah perbukitan Bukit Menoreh. Ada semangat yang terbangun, semangat bagaimana untuk bisa meningkatkan kapasitas anak-anak yang berada di sekitar daerah perbukitan ini, meningkatkan kecerdasannya, meningkatkan pendidikannya melalui perpustakaan,” kata My Esti Wijayati saat melakukan peninjauan lapangan ke perpustakaan Desa Hargo Mulyo, Kulon Progo, Yogyakarta beberapa waktu lalu, demikian siaran pers DPR yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Ia melihat adanya semangat yang tinggi untuk meningkatkan taraf pendidikan melalui perpustakaan di Desa Hargo Mulyo meski berada di daerah perbukitan yang jauh dari segala faslitas yang berbagai macam, apalagi perpustakaan ini juga pernah juara dua nasional tahun 2014.

“Nah saya kira PR kita adalah bagaimana kemudian kita membuat formulasi sekaligus sistematika supaya perpustakaan desa itu sungguh sungguh ada dan tidak sekedar ada,” katanya.

Perhatian pemerintah pun, kata My Esti Wijayati, tidak hanya perhatian seadanya, tetapi harus menjadi salah satu skala prioritas bahwa desa inilah yang diharapkan menjadi tumbuh kembangnya perpustakaan dan kemudian mampu untuk menjadi pijakan bagaimana kesejahteraan yang ada di desa bisa meningkat.

“Ketika orang cerdas karena membaca tahu bagaimana melepaskan diri dari kemiskinan itu menjadi kuncinya dengan membaca. Jadi memang saya berharap betul perpustakaan yang ada disini bisa dikelola terus menjadi jauh lebih baik dan pemerintah kabupaten bisa terus memberikan perhatian lebih, alokasi anggaran juga harus jelas, bagaimana supaya perpustakaan desa bisa terus berjalan,” ujarnya.

Seperti diketahui, agenda kunjungan kerja spesifik Komisi X DPR ke Provinsi DIY, selain melakukan peninjauan lapangan bidang perpustakaan daerah di Desa Hargo Mulyo, Kulon Progo, Provinsi DIY, Komisi X DPR juga melakukan peninjauan ke sekolah SMA Muhammadiyah I Provinsi DIY, serta melakukan pertemuan dengan Pemprov DIY dan pertemuan dengan pustakawan Badan Perpustakaan Kabupaten Gunung Kidul, Komunitas Baca Provinsi DIY, Pemerhati Perpustakaan dan Minat Baca Provinsi DIY sekaligus tokoh-tokoh masyarakat di bidang perpustakaan. (T/P011/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)