Diharap KTT OKI Hasilkan Aturan Baru untuk Palestina Merdeka

Pengamat Timur Tengah dari FISIP Universitas Indonesia Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Ali Munhanif. (Foto: JPPN/Ricardo)
Pengamat dari FISIP Universitas Indonesia Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Ali Munhanif. (Foto: JPPN/Ricardo)

Jakarta, 25 Jumadil Awwal 1437/5 Maret 2016 (MINA) – Pengamat Timur Tengah dari FISIP Universitas Indonesia Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Ali Munhanif mengharapkan Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (KTT LB OKI) di Jakarta dapat memunculkan aturan baru di kalangan negara Timur Tengah untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Israel selalu saja menjadi negara yang merdeka, tapi dalam konsitusi Israel tidak pernah dirumuskan perbatasan wilayah yang jelas.

“Kalau Indonesia jelas batas wilayahnya dari Sabang sampai Merauke, Pasifik sebelah utara kemudian Samudra Hindia sebelah selatan,” kata Munhanif kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), di Jakarta, Ahad (6/3).

Menurutnya, Ia tidak yakin Israel merumuskan perbatasan itu, karena betul-betul akan memberikan ruang Palestina untuk terus menerus berjuang menuju kemerdekaannya.

“Sekarang sedang mendorong ke sana, dengan posisi sebagai peninjau, sebenarnya Palestina mempunyai akses terhadap organisasi-organisasi penopang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) seperti UNESCO,” katanya.

Menurutnya, UNESCO ditakuti oleh Israel  sebab menyangkut pendidikan dan pemberdayaan.

“Saya kira masih bisa, tapi untuk pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) saya ragu,” katanya.

Menurut Ali, yang paling penting adalah membuat transisi menuju Palestina merdeka, dan itukan memang menjadi agenda pertama dalam konferensi Bandung, amanat konsitusi Indonesia.

Penyelenggaraan di Jakarta dibentuk memang untuk memperjuangkan pembebasan Masjid Al-Aqsha dan Al-Quds, akan tetapi kemudian menjadi konflik kepentingan kalangan-kalangan negara anggota OKI.

“Sampai sekarang KTT OKI seperti melupakan Palestina, orang lebih sibuk membicarakan demokrasi namun pokok isu yang sesungguhnya konflik di Timur Tengah, yakni Palestina merdeka dilupakan,” tambahnya. (L/P002/P001).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.