Dr Najib: Atasi Kebosanan Selama BDR, Mahasiswa Bisa Coba Reuni Online

Dr Mukhamad Najib, STP, MM.(Foto: Istimewa)

Bogor, MINA – Suasana belajar dari rumah (BDR) mungkin dapat menyebabkan kebosanan bagi mahasiswa. Dengan rutinitas yang setiap hari hampir sama, berpotensi membuat kebosanan bertambah.

Untuk itu, Dr Mukhamad Najib, STP, MM dosen dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), IPB University bagikan tips agar tidak bosan di rumah selama lockdown.

“Pertama, jangan jadikan rumah sebagai penjara. Hal yang harus disadari bersama adalah stay at home ini esensinya bukanlah membuat kita terpenjara. Tetapi berusaha berkontribusi menciptakan keselamatan bersama. Dengan tidak berinteraksi di ruang publik secara fisik, kita turut memutus rantai penyebaran virus, tidak menulari yang lain dan juga tidak akan tertular. Sehingga kita bisa sehat bersama dan badai COVID-19 ini bisa segera berlalu dari kehidupan ini,” ujarnya.

Kedua, ingat lagi kalau rumah adalah tempat kembali. Rumah adalah tempat bagi setiap orang untuk melepaskan kerinduannya kembali. Mahasiswa yang sudah lama merantau dan jauh dari rumah pasti ada sesuatu yang dirindukan, sehingga selalu ingin pulang ke rumah.

Oleh karena itu, perlu diingat-ingat kembali apa yang membuat rasa rindu untuk kembali ke rumah, apa yang membuat diri kita betah di rumah dan tidak ingin keluar, lalu hadirkan hal-hal itu di rumah.

Selain itu, jadilah mahasiswa yang aktif. Dengan kuliah online, mahasiswa harus aktif dalam mengikuti kuliahnya.

Sebelum kuliah dimulai, mahasiswa dapat membaca silabus yang diberikan oleh dosen dan mencari materi-materi yang relevan di internet. Dengan demikian akan didapatkan banyak sekali informasi yang dapat memperkaya wawasan.

Mahasiswa juga perlu membuat ringkasan dari hal-hal yang masih membingungkan, sehingga ketika kuliah online secara synchronous, mahasiswa dapat menanyakannya kepada dosen.

“Tips lainnya adalah membaca buku. Kegiatan membaca merupakan kegiatan yang lebih efektif dalam menyerap ilmu pengetahuan daripada mendengarkan. Mahasiswa dapat membaca textbook maupun berbagai literatur yang ada di internet. Oleh karena peran dosen di sini lebih sebagai fasilitator yang membantu para mahasiswa dalam mencapai learning outcome yang dituju,” imbuhnya.

Beraktivitas fisik seperti olah raga, bersih-bersih kamar maupun rumah dapat menjadi keasyikan tersendiri selama momen stay at home. Selain itu, beraktivitas fisik juga dapat membantu menyehatkan badan dan meredakan stres sehingga imunitas tubuh dapat terjaga.

“Kita juga bisa menggunakan momen ini untuk reuni online. Momen stay at home tidak membuat serta merta putus kontak. Dengan momen seperti ini tidak salahnya untuk tetap berkomunikasi dengan teman-teman lama yang sudah jarang bertemu. Jika sebelumnya disibukkan dengan aktivitas di kampus, saatnya memanfaatkan momen ini untuk kembali berinteraksi dengan teman lama,” katanya.

Itu tadi beberapa tips bagi mahasiswa supaya tidak bosan di rumah selama momen stay at home. Selamat mencoba dan tetap bahagia. (R/R1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)