Drone India Ditembak Jatuh Angkatan Darat Pakistan

Islamabad, MINA – Sebuah drone jenis quadcopter India ditembak jatuh oleh Angkatan Darat Pakistan pada Kamis (9/4) setelah melanggar wilayah udara Pakistan di distrik Sankh, kata Hubungan Masyarakat Antar-Layanan (ISPR) Pakistan.

Menurut ISPR, drone “menerobos 600 meter ke wilayah Pakistan untuk melakukan kegiatan memata-matai”. Dawn Today melaporkan.

“Tindakan terang-terangan ini ditanggapi secara agresif oleh pasukan Angkatan Darat Pakistan dan menembak jatuh quadcopter India itu,” kata ISPR.

“Tindakan seperti itu oleh Angkatan Darat India jelas merupakan pelanggaran terhadap norma-norma yang sudah ada, melanggar Perjanjian Udara yang ada antara kedua negara dan mencerminkan ketidakpatuhan yang konsisten dari tentara India terhadap Pengertian Gencatan Senjata tahun 2003,” kata ISPR.

Menurut sumber-sumber militer, militer India menggunakan quadcopter untuk melakukan foto udara terhadap pos-pos Pakistan di sepanjang LoC sebagai bagian dari operasi pengumpulan-intelijen dan pemilihan target sebelum melakukan penembakan lintas-LoC.

Tahun lalu pada 16 Maret, Angkatan Darat Pakistan menembak jatuh “quadcopter mata-mata” di sektor Rakhchikri di sepanjang LoC.

Insiden itu terjadi di tengah ketegangan antara kedua belah pihak yang meningkat setelah Pakistan menembak jatuh dua pesawat Angkatan Udara India (IAF) karena melanggar wilayah udara Pakistan. (T/RS2//P1)

Mi’raj News Agency (MINA)