AS DROP 50 TON AMUNISI KEPADA OPOSISI SURIAH

Washington, 28 Dzulhijjah 1436/13 Oktober 2015 (MINA) – Pasukan koalisi pimpinan (AS) telah menerjunkan amunisi seberat 50 ton lewat udara untuk guna memerangi Islamic Statae (ISIS/Daesh).

Juru Bicara Menteri Pertahanan AS, Elissa Smith mengatakan, Senin (12/10), suplai amunisi melalui udara itu berlangsung di Suriah utara pada Ahad.
sukses memberikan amunisi untuk kelompok Suriah yang para pemimpinnya sesuai dengan Amerika Serikat dan telah berjuang untuk menghapus ISIL (ISIS) dari Suriah utara,” katanya, Al Jazeera melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Beberapa hari sebelumnya, Arab Saudi telah meningkatkan suplai senjata ke tiga kelompok perlawanan di Suriah.
Menurut pejabat Saudi yang tak ingin disebutkan namnya kepada BBC, oposisi anti-Presiden Bashar al-Assad menerima senjata modern dengan kekuatan tinggi. Termasuk senjata anti-tank yang bisa diarahkan.

Pejabat itu mengungkapkan, tiga kelompok yang memperoleh senjata antara lain Jaish al-Fatah, Pasukan Pembebasan Suriah (FSA) dan Fron Selatan. Adapun ISIS dan Fron Nusra tidak akan memperoleh bantuan peralatan tempur.

 

Pejabat itu tak menampik kemungkinan pengiriman misil kendali peluncur dari darat ke udara ke kelompok perlawanan. Kendati sejumlah pejabat Barat khawatir senjata tersebut akan jatuh ke tangan ISIS.

 

Sejumlah negara Teluk Arab telah menyatakan kekhawatirannya akan keterlibatan Rusia di Suriah yang akan memicu jihad baru.

Sementara itu, Rusia yang meyakini adalah kesalahan mempersenjatai kelompok-kelompok oposisi moderat Suriah, dan sekutu Presiden Assad itu terus mengintensifkan serangan udara pada Senin di negara itu.
Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan telah menyerang 53 target dugaan ISIS dalam 24 jam terakhir, menghancurkan pusat komando, amunisi dan depot bahan bakar serta kamp pelatihan yang diduga digunakan oleh pejuang asing. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0