Dua Jamaah Haji Aceh Meninggal di Tanah Suci

Banda , MINA – Salah seorang Jamaah Calon () asal Aceh dunia di tanah suci, Mekah.

JCH yang meninggal dunia tersebut bernama Hazanah binti Muhammad Yusuf (63 tahun) Kloter 2 asal Aceh Timur.

Informasi ini disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Drs H M Daud Pakeh melalui Koordinator Keprotokolan dan Humas Panitia Pembantu Penyelenggara Ibadah Haji (PPPIH) Embarkasi Aceh, Muhammad Nasril usai menerima kabar dari petugas Kloter 2, Mulkan Sidamanik di Mekah.

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah, ibu Hazanah binti Muhammad Yusuf, jemaah calon haji Aceh Kloter 2 pada Sabtu kemarin sekitar pukul 02.00 WAS di kamar 302 hotel 222 Syisyah, Mekkah,” ujar Nasril di MCH Embarkasi Aceh, Banda Aceh, Ahad (4/8).

Nasril mengatakan, berdasarkan informasi dari petugas kloter tersebut Almarhumah Hazanah yang tercatat seat 114 kloter BTJ 02 asal Aceh Timur meninggal dunia karena sakit stroke dan hipertensi.

“Saat ini petugas Kloter bersama pihak maktab sedang di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah untuk proses pengurusan jenazah. Untuk fardhu kifayah almarhumah akan disalatkan di Masjidil Haram dan pemakaman di Syaraya,” tambah Nasril

Selain itu, Nasril juga menyampaikan dengan meninggalnya ibu Hazanah binti Muhammad Yusuf, maka hingga saat ini sudah dua orang JCH Aceh meninggal dunia di Arab Saudi.

Sebelumnya, satu JCH Aceh bernama Salmiyah binti Muhammad Daud (69) yang tergabung dalam kloter 01 Asal Jangka Buya, Pidie Jaya, wafat di RSAS King Faisal, Syisyah Makkah, 3 Agustus 2019 Pukul 00.42 WAS.

Salmiyah dishalatkan di Masjidil Haram dan dimakamkan di Syaraya. (L/AP/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)