Dua Kapal Perang India Dikirim ke Perairan Teluk

Ilustrasi: Kapal perang India INS Chennai. (Gambar: YouTube)

New Delhi, MINA – telah mengirim dua kapal perang dan meningkatkan pengawasan udara di perairan Teluk yang strategis, Press Trust of India (PTI) melaporkan pada Kamis (20/6).

Langkah itu seiring meningkatnya ketegangan global di Teluk yang dipicu perseteruan Amerika Serikat dan Iran.

“INS Chennai dan INS Sunayna telah dikerahkan di Teluk Oman dan Teluk Persia untuk melakukan operasi keamanan maritim,” kata Angkatan Laut India yang dikutip oleh PTI, demikian Nahar Net melaporkan.

“Untuk memastikan kembali kapal-kapal berbendera India yang beroperasi/transit melalui Teluk Persia dan Teluk Oman, setelah insiden keamanan maritim di kawasan itu,” kata Angkatan Laut.

Presiden AS Donald Trump pada hari yang sama mengatakan, Iran membuat “kesalahan besar” dengan menembak jatuh pesawat mata-mata AS.

Sebelumnya, Washington telah menuduh Iran melakukan serangan terhadap kapal-kapal tanker di daerah Selat Hormuz, yang menghubungkan Teluk dan Teluk Oman, yang dilewati banyak minyak dunia.

“Pengawasan udara oleh pesawat IN juga dilakukan di daerah itu,” kata Angkatan Laut India.

Duta Besar India untuk Washington mengatakan pada Mei lalu, negaranya yang haus energi telah mengakhiri semua impor minyak dari Iran, sebagai tanggapan atas ancaman sanksi AS. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.