Dua Kapal Perang Iran Kunjungi Indonesia

Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad dan Komandan Misi, Captain Farhad Fattahi, di kapal IRINS Dena 75 yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Rabu (9/11). (Foto: Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Kapten Kapal Perang IRINS Dena Capt. Farhad Fattahi mengatakan, kedatangan Kapal Iran dan Makran 441 membawa pesan perdamaian, persaudaraan, dan menyampaikan pesan persatuan serta kerjasama, termasuk menjaga keamanan rute lalu lintas laut komersial internasional.

Hal itu disampaikan Capt. Fattahi kepada awak media yang diundang berkunjung ke kapal IRINS Dena 75, yang berlabuh di Dermaga JITC II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (9/11).

Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Khoush Heikal Azad juga mengatakan, kehadiran Kapal Iran IRINS Dena 75 dan khususnya datang ke Indonesia untuk melanjutkan hubungan sejarah dan interaksi yang begitu erat antar Indonesia dan Iran.

Selain itu, misi kedatangan Kapal Iran itu juga dalam rangka memperat hubungan kerja sama pendidikan dengan Indonesia, terkhusus dalam bidang militer.

“Kami disambut begitu baik, bertemu berbagai jajaran Angkatan Laut (AL) di Indonesia. Bentuk kerja sama yang mungkin dapat dilaksanakan yaitu pertukaran kader (Taruna), di mana kami bisa menerima kader dari Indonesia, dan saya melihat potensi itu, agar kerja sama bisa terlaksana,” ujar Capt. Fattahi.

Capt. Fattahi mengatakan pula, hadirnya kedua kapal tersebut ke Indonesia untuk melaksanakan komitmen bersama dalam menjaga keamanan lalu lintas rute komersial laut internasional, yang tertuang dalam Indian Ocean Naval Symposium (IONS).

“Dalam kehadiran kami ke Indonesia juga direncanakan untuk latihan bersama Kapal Perang Indonesia (KRI), yaitu dengan menjaga jalur laut, keamanan lalu lintas rute komersial,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa ada banyak persamaan antara Indonesia dan Iran, salah satunya yaitu kedua negara memiliki selat selat yang strategis, di mana Iran mempunyai Selat Hormuz dan Indonesia berada di Selat Malaka.

Kapal IRINS Dena 75 merupakan kapal produksi dalam negeri Iran seluruhnya, yang baru beroperasi sejak 2021. Memiliki panjang 95 meter, dan lebar 11 meter, serta mampu melesat hingga 50 km/jam.

Kapal IRINS Dena memiliki enam geladak kapal, dan dilengkapi dengan persenjataan ringan hingga berat. Terdapat meriam yang mampu menembak hingga 16 KM untuk melawan ancaman baik di darat atau di lautan.

Kedua kapal perang  itu tiba di Dermaga JITC II Pelabuhan Tanjung Priok, hari Sabtu (5/11/2022), disambut oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, dan berada di Indonesia selama empat hari hingga Kamis (10/11). (L/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)