Dua Nahkoda WNI Diculik, Menlu Himbau Sementara Tidak Melaut

, 6 Safar 1438/6 November 2016 (MINA) – Kemenlu mengonfirmasi dua nahkoda kembali diculik di perairan Sabah, sambil mengupayakan pembebasan meminta nelayan untuk tidak melaut sementara sampai situasi aman.

“Pemerintah Indonesia juga telah menghimbau para ABK WNI di Sabah untuk sementara waktu tidak melaut sampai situasi keamanan dipandang kondusif,” kata Kemenlu dalam sebuah pernyataan yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Hari Sabtu, dua nahkoda WNI dari kapal SSK 00520 F dan SN 1154/4F di perairan Sabah Malaysia diculik, keduanya merupakan warga asal Buton. “Keduanya adalah WNI yang bekerja secara legal di kapal penangkap ikan Malaysia,” ujar Menlu Retno Marsudi.

Kota Kinabalu dan KRI Tawau sudah berkoordinasi di Sandakan untuk mendapatkan informasi lebih rinci mengenai kejadian tersebut.

Menurut Kemlu, sejak beberapa waktu lalu pemerintah Indonesia telah menyampaikan keprihatinan kepada Pemerintah Malaysia terhadap situasi di perairan Sabah, mengingat terdapat sekitar 6000 WNI yang bekerja di kapal ikan Malaysia di wilayah tersebut.
(L/R04/R01)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.