Dua Pebulutangkis Tunggal Putra Indonesia Lolos ke Olimpiade Tokyo

Jakarta, MINA – Dua pebulutangkis tunggal putra Indonesia lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 yang pelaksanaannya ditunda setahun ke tahun 2021, berdasaran aturan dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Kedua pebulutangkis itu adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christy, masing-masing menduduki peringkat ke 4 dan ke 7 dalam peringkat Race to Tokyo, sehingga posisi keduanya sudah aman untuk maju ke Olympiade.

Menanggapi hal tersebut, Hendri Saputra selaku pelatih, Selasa (2/6) menyatakan menyambut baik.

“Kami akan siapkan yang terbaik pada saat batas akhir nanti. Untuk kondisi saat ini memang belum bisa diprediksi,” kata Hendri dalam keterangan tertulis.

Kedua tunggal putra Indonesia itu telah memastikan diri meraih kuota maksimal dalam Olimpiade Tokyo 2020 yang akan digelar pada 23 Juli-8 Agustu 2021

Bagi Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie, ini akan merupakan ikut serta untuk pertama kalinya dalam ajang multievent empat tahunan Olympiade  itu.

Sebelumnya, mereka telah merevisi peraturan kualifikasi Olimpaide Tokyo 2020, dan kabar terbaru, kualifikasi akan dilanjutkan lagi pada 4 Januari sampai 2 Mei 2021.

Untuk saat ini dalam ranking Race to Tokyo, Anthony Sinisuka Ginting menempati urutan keempat dengan total 75,332 poin, sementara Jonathan  yang akrab disapa Jojo itu berada pada urutan ketujuh dengan 72,940 poin.

Melihat hasil tersebut dengan sisa turnamen kualifikasi yang akan berlangsung pada 2021 nanti, posisi keduanya sudah aman.

Saat ini, selain berlatih untuk menjaga kebugaran para pemain, Hendri juga memastikan untuk memperkuat mental Anthony Sinisuka dkk.

“Memperbaiki teknik dan memperkuat mental melalui berbagai pertandingan yang akan diikuti nanti. Untuk sekarang yang penting kondisi baik dulu saja,” ujar Hendri.

Sementara itu, pencapaian terbaik terakhir tunggal putra Indonesia adalah Taufik Hidayat meraih medali emas pada Olimpiade Athena 2004 lalu. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)