Dua Pejabat Senior Hamas Tinggalkan Qatar

Doha, 12 Ramadhan 1438/7 Juni 017 (MINA) – Dua pejabat senior telah meninggalkan atas permintaan negara itu karena keterlibatan mereka dalam beberapa masalah di Palestina.

Pejabat senior Hamas itu diidentifikasi sebagai Saleh al-Arouri, diyakini bertanggung jawab untuk mengatur dan mengarahkan anggota Hamas di Tepi Barat.

Lainnya adalah Musa Dodin, yang dibebaskan dalam pertukaran dengan tahanan Shalit tahun 2011, Ynet News melaporkan pada Selasa (6/6/2017), yang diberitakan Kantor Berita Islam MINA.

Selain itu, masih ada beberapa pejabat Hamas yang diwajibkan untuk meninggalkan Qatar. Namun identitas dan jumlah pastinya masih belum diketahui.

Semua yang meninggalkan Qatar diperkirakan akan pergi ke berbagai negara seperti Malaysia, Lebanon dan Turki.

Daftar anggota Hamas termasuk yang terlibat dalam upaya membangun infrastruktur Hamas di Tepi Barat.

Al-Arouri telah bekerja bertahun-tahun untuk membentuk jaringan Hamas di Tepi Barat, untuk melakukan serangan terhadap berbagai target Israel.

Dia sebelumnya telah berada di Turki, namun dikeluarkan sebagai bagian dari kesepakatan rekonsiliasi antara Israel dan Ankara.

Musa Dodin aktif di markas besar Hamas di Tepi Barat, yang mengarahkan serangan terhadap orang-orang Israel. Dodin juga bertanggung jawab atas isu tahanan Hamas di Israel. Saudara laki-laki Dodin telah berada dalam penahanan administratif lebih dari setahun.

Hamas mengakui bahwa ada perubahan lokasi dari berbagai pejabat yang namanya belum diungkapkan.

Namun, organisasi tersebut mengatakan bahwa hal itu terkait dengan perubahan administratif yang dilakukan menyusul pemilihan internal.

Pada saat yang sama, Hamas membantah isu bahwa permintaan tersebut dilakukan oleh Qatar menyusul tekanan eksternal terhadapnya.

(T/RS2/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.