Dua Petugas AS Tewas di Afghanistan

Kabul, MINA – Dua anggota petugas layanan Amerika Serikat dalam aksi serangan di .

Misi Dukungan Resolusi yang dipimpin NATO hari Senin (29/7) melaporkan, dua orang AS tewas, dan masih menahan informasi tambahan sambil menunggu pemberitahuan keluarga mereka.

Seorang pejabat AS mengkonfirmasi, kematian itu akibat serangan “hijau di atas biru”, oleh penyerang yang diduga berseragam Afghanistan, menembaki pasukan AS atau sekutu. Voa News melaporkan.

Penilaian awal AS mengikuti klaim juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid di Twitter, tentara AS tewas ketika seorang tentara Afghanistan mengarahkan senjatanya ke mereka di sebuah kamp militer di provinsi Kandahar, Afghanistan selatan.

Taliban juga mengklaim, setidaknya satu tentara lainnya tewas dan beberapa lainnya terluka, meskipun klaim itu tidak dapat dikonfirmasi.

Dengan dua kematian yang dikonfirmasi, setidaknya 14 anggota layanan AS telah terbunuh di Afghanistan tahun ini, menurut penghitungan situs web iCasualties.org.

13 anggota layanan AS tewas di Afghanistan pada tahun 2018.

Kematian terakhir terjadi ketika AS melibatkan Taliban dalam pembicaraan, mencari resolusi damai untuk perang 18 tahun di Afghanistan.

Para perunding Taliban bersikeras bahwa perjanjian perdamaian, termasuk penarikan pasukan AS, dan orang-orang sekutu AS, dari Afghanistan.

Taliban juga telah menolak untuk mengadakan pembicaraan langsung dengan pemerintah Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, dengan mengatakan pembicaraan seperti itu hanya dapat terjadi setelah AS pergi. (T/RS2/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.