Dua Santri Ponpes Al-Fatah Lampung Ikuti Final KoSSMI 2023 di Universitas Indonesia

Al-Muhajirun, MINA – Dua Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah mengikuti babak final Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) 2023 yang dilaksanakan pada, Sabtu dan Ahad (20-21/5) bertempat di Universitas Indonesia (UI), Depok  .

Santri Ponpes Al-Fatah Lampung yang ikuti babak final KoSSMI atas nama Najwa Salsabila Az Zahra bidang Ekonomi, santri kelas XII MA asal Bandar Lampung dan Fathimah Nahda Dzakira bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), santri kelas VI MI asal Al-Muhajirun, Lampung Selatan.

Saat diwawancarai oleh MINA pada, Sabtu (20/5) Najwa Salsabila Az Zahra atau yang biasa disapa Salsa mengatakan rasa syukur, senang, dan bangganya karena bisa lolos ke babak final .

“Alhamdulillah, tentu saya sangat merasa senang dan bersyukur bisa lolos sampai ke babak final pada kompetisi ini, rasa bangga sama diri sendiri, dan rasa terima kasih kepada orang tua dan guru-guru atas doa dan dukungan mereka,” katanya.

“Tentu harapannya bisa keluar menjadi juara, tetapi apapun hasilnya nanti semoga yang terbaik, lolos ke babak final sudah menjadi pengalaman terbaik saya,” tambahnya.

Sementara itu, Pembina tim KoSSMI Ponpes Al-Fatah Lampung, Heni Nurhasanah menyatakan bahwa santri Al-Fatah mampu bersaing diajang kompetisi nasional, dukungan orang tua dan guru menjadi hal yang sangat berpengaruh.

“Sebagai pembina tentu bersyukur, dan ternyata anak kita mampu menunjukkan prestasinya dan bersaing diajang kompetisi nasional,” ungkapnya.

“Ini membuktikan bahwa tiap anak itu punya potensi. Guru dan orang tua lah yang sangat berpengaruh pada potensi anak. Kita berkewajiban untuk membantu menemukan bakat anak, lalu dibina, dan diikutkan untuk fastabikul khoirot, sehingga potensi itu menjadi prestasi,” katanya.

“Maka amat penting kerja sama antara guru dan orang tua dalam membimbing anak,” tuturnya.

Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) adalah ajang kompetisi bagi siswa muslim baik yang bersekolah di Madrasah, Pesantren, Sekolah umum maupun Homeschooling untuk mengembangkan bakat minat di bidang sains dan matematika.

KoSSMI merupakan kompetisi tingkat nasional yang terdiri dari tiga Babak yaitu penyisihan, semi final dan final.

Jika babak penyisihan dan semi final dilaksanakan secara online, maka di babak final menggunakan sistem Paper Based Test (PBT). (L/Iwn/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.