Dua WNI Positif Corona, Pemerintah Siapkan RS Berstandar Isolasi Terbaik

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo () menyampaikan, dua Warga Negara (WNI) positif terkena , setelah sebelumnya korban yang terinfeksi berhubungan kontak dengan warga negara asal Jepang yang berkujung ke Indonesia.

Jokowi menegaskan, pemerintah sejak awal benar-benar mempersiapkan, misalnya lebih dari 100 rumah sakit siap dengan ruang isolasi mengenai virus corona dengan standar isolasi yang baik.

”Kita juga memiliki peralatan yang memadai sesuai dengan standar internasional. Kita juga memiliki persiapan untuk reagen yang cukup. Kita juga memiliki tim gabungan yang ini juga tidak pernah saya sampaikan, tim gabungan TNI, Polri, dan sipil dalam penanganan ini,” kata Jokowi.

Presiden menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menangani persoalan-persoalan yang ada yang berkaitan dengan virus corona.

”Kita juga memiliki anggaran, anggarannya ada dan ini juga diprioritaskan untuk menangani ini. Karena kalau kita tidak serius menangani ini atau dianggap tidak serius, ini sangat berbahaya karena ini memang penyakit ini perlu kita waspadai dan perlu hati-hati,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, kedua korban terinfeksi dipastikan telah dirawat di Rumah Sakit.

“Sudah dirawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain,” kata Terawan.

“Rumahnya sudah dicek, dan sudah melakukan isolasi,” tambahnya.

Dengan merebaknya virus corona yang telah tersebar di berbagai dunia, Ahli Kesehatan di Inggris mengatakan, hanya dalam 15 menit untuk seseorang tertula virus corona.

“Kelompok-kelompok yang kami amati adalah orang-orang yang telah melakukan kontak langsung dengan seseorang yang telah terinfeksi, setidaknya selama 15 menit,” kata Direktur Medis PHE, dr Paul Cosford. (L/hju/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.