Dubes AS ke PBNU Bahas Palestina, Muslim Uighur

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dan Dubes Amerika untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr. di Gedung PBNU Lantai 3, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Senin (21/10). (Foto: NU Online/Syakir NF)

Jakarta, MINA – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr. melakukan kunjungan ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Gedung PBNU, Jakarta, Senin (21/10).

Donovan diterima langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas berbagai konflik di dunia internasional, seperti di Palestina dan Muslim Uighur di Provinsi Xinjiang, China.

“Kita membahas permasalahan internasional seperti juga Afghanistan, Palestina, Xinjiang,” katanya.

Joseph menyampaikan, terkait permasalahan yang terjadi di Palestina, AS juga telah berkomitmen untuk mencapai perdamaian di kawasan Timur Tengah.

Ia mengklaim, Pemerintah AS sudah memberikan puluhan dolar AS ke masyarakat Palestina. Akan tetapi permasalahan di Palestina sangat rumit dan pelik.

“Namun seperti kata pak kiai (KH Said Aqil), ini (di Palestina) ada permasalahan yang sangat rumit dan pelik, kami selalu mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan di Palestina itu,” katanya.

Terkait konflik di Xinjiang, Donovan mengundang Kiai Said untuk datang dan menyaksikan langsung kondisi yang terjadi di tempat tersebut.

Menanggapi hal itu, Kiai Said mengungkapkan bahwa PBNU bersuara jika memang yang terjadi di sana adalah persoalan Hak Asasi Manusia (HAM).

Namun, jika yang terjadi adalah persoalan politik, ia tidak akan berbicara mengenai hal tersebut mengingat bukan kewenangannya untuk mencampuri urusan dalam negeri suatu negara. (L/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)