Dubes AS: Negara-negara Arab Tidak Benar-benar Dukung Palestina

New York, MINA – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Haley menyalahkan negara-negara Timur Tengah, karena tidak banyak membantu keuangan Palestina dan membantu menggerakkan proses perdamaian ke depan.

“Di manakah negara-negara Arab ketika datang untuk mendukung kompromi yang diperlukan untuk perdamaian?” kata Haley, Selasa (24/7), pada sidang Dewan Keamanan PBB, demikian Al Jazeera melaporkan.

“Di mana negara-negara Arab ketika saatnya datang untuk mendorong rekonsiliasi antara faksi Palestina, yang penting bagi perdamaian?” kata Haley pada pertemuan bulanan itu.

Haley menyoroti bantuan AS kepada Palestina. Ia mengatakan bahwa Washington memberikan bantuan bilateral US$ 300 juta tahun lalu.

“Lebih dari enam miliar dolar dalam bantuan bilateral untuk Palestina (sejak 1993),” katanya.

Dia juga menyebutkan bantuan AS kepada badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), tetapi tanpa menyebutkan bahwa jumlah itu telah dikurangi secara signifikan setelah pada Januari lalu, pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengumumkan menahan US$ 65 juta dari cicilan dana sebesar US$ 125 juta untuk UNRWA.

Langkah itu memotong satu-satunya jalur kehidupan yang tersedia bagi jutaan pengungsi yang terdaftar di seluruh Timur Tengah, yang telah mengandalkan layanan UNRWA selama lebih dari 70 tahun.

Menurut pejabat PBB, AS yang sebelumnya pendonor utama UNRWA, memberikan US$ 364 juta kepada UNRWA tahun lalu, tetapi tahun ini hanya US$ 60 juta.

“Tahun lalu, kontribusi Iran untuk UNRWA adalah nol. Sumbangan Aljazair untuk UNRWA adalah nol. Kontribusi Tunisia untuk UNRWA adalah nol,” kata Duta Besar AS di PBB. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)