Dubes AS: Proses Aneksasi Ditangguhkan

Duta Besar AS untuk Israel David Friedman. (Win McNamee/Getty Images via JTA)

Yerusalem, MINA – Duta Besar AS untuk Israel mengumumkan, rencana Israel untuk mencaplok tanah di Tepi Barat tidak akan dilaksanakan dalam waktu dekat atau ditangguhkan.

Friedman menyatakan, negaranya percaya bahwa perjanjian akan lebih bermanfaat bagi kepentingan Israel daripada proyek untuk saat ini.

“Kedaulatan Israel akan terjadi ketika Israel dan AS mencapai keputusan bersama tentang masalah tersebut dan kami berharap hal ini akan terjadi ketika Israel menandatangani lebih banyak perjanjian damai dengan negara-negara Arab lainnya,” katanya dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Ibrani Makor Rishon.

“Istilah yang tepat untuk menggambarkan keadaan saat ini dari proses aneksasi adalah penangguhan,” kata Friedman, demikian MEMO melaporkan.

Pejabat AS tersebut menegaskan, pelaksanaan rencana aneksasi tidak akan mungkin dilakukan dalam waktu dekat.

“Itu telah ditunda selama satu tahun, dua tahun, atau mungkin lebih. Saya tidak dapat memprediksi tanggal pasti untuk melanjutkan proyek,” katanya.

“Amerika Serikat telah sampai pada kesimpulan bahwa opsi terbaik Israel adalah melanjutkan jalur normalisasi untuk saat ini,” tambahnya. (T/RI-1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.