Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dubes Indonesia Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden Trump

sajadi - Kamis, 11 April 2019 - 22:51 WIB

Kamis, 11 April 2019 - 22:51 WIB

4 Views

Washington DC, MINA – Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Mahendra Siregar bertemu dengan Presiden Donald John Trump di Gedung Putih, dalam rangka penyerahan Surat-Surat Kepercayaan yang sekaligus menandai secara resmi dimulainya masa tugas Dubes Mahendra Siregar di negara itu.

Tepat pukul 10.45 waktu setempat, Senin (8/4), Dubes Mahendra didampingi istri, diantar menuju Gedung Putih dari Kementerian Luar Negeri AS dengan menggunakan kendaraan khusus yang disiapkan oleh Kantor Kepala Protokol Gedung Putih, demikian keterangan tertulis KBRI Washington DC yang diterima MINA, Kamis (11/4).

Dubes Mahendra diterima Presiden Trump di ruang kerja, Ruang Oval, Gedung Putih. Ruang tersebut sering digunakan sebagai ruangan utama oleh Trump untuk menerima kepala negara maupun kepala pemerintahan negara-negara sahabat dalam kesempatan kunjungan kenegaraan maupun kunjungan kerja.

Dalam sambutannya, Dubes Mahendra menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Donald Trump dan rakyat AS.

Baca Juga: Imam dan Ulama AS Larang Muslim Pilih Kamala Harris di Pilpres  

Salam hangat tersebut disambut baik oleh Presiden Trump, yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan mitra strategis yang penting bagi AS dan menyampaikan salam hangatnya kembali kepada presiden dan rakyat Indonesia.

Dubes RI juga menggarisbawahi berbagai kesamaan yang dimiliki oleh Indonesia dan AS, yaitu sama-sama sebagai negara demokratis dan majemuk yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan penghormatan terhadap hak asasi manusia, toleransi, dan supremasi hukum.

“Kesamaan ini menjadi salah satu faktor penting yang melandasi hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat,” tegas Dubes Mahendra.

Selain itu, pertemuan tersebut juga digunakan Dubes RI untuk menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk terus memperkuat hubungan kedua negara, yang pada tahun ini ditandai dengan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS.

Baca Juga: Aktivis Yahudi Pro-Palestina Gelar Aksi Duduk di Bursa Efek New York

Mahendra merupakan diplomat karir senior yang dilantik oleh Presiden RI pada tanggal 7 Januari 2019 dan merupakan Dubes RI ke-19 untuk AS.

Sebelum diangkat sebagai Dubes RI di AS, Mahendra pernah menduduki berbagai jabatan di pemerintahan, antara lain sebagai Staf Khusus Menteri Luar Negeri, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Wakil Menteri Keuangan, Wakil Menteri Perdagangan serta Chairman dan CEO Eximbank Indonesia.

Sebagai diplomat karir, Dubes Mahendra pernah bertugas di Kedutaan Besar RI (KBRI) di London, Inggris (1992-1995) dan KBRI di Washington, D.C, Amerika Serikat (1998-2001). (R/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: AS Kirim Bantuan Pertahanan Antirudal untuk Israel

Rekomendasi untuk Anda

Presiden Joko Widodo menerima surat kepercayaan dari Kamala Shirin Lakhdhir, Duta Besar LBBP Designate Resident Amerika Serikat, untuk Republik Indonesia (Foto: BPMI Setpres)
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia