Dubes Jepang Serahkan Bantuan Rp. 5 Miliar untuk Korban Gempa Lombok

Jakarta, MINA – Kedutaan Besar Jepang di Jakarta menyampaikan bantuan sebesar Rp. 5 miliar melalui Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membantu para korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kami telah memberikan bantuan untuk gempa Lombok sebanyak 40 juta yen atau senilai dengan 5 miliar rupiah. Bantuan ini berasal dari komunitas bisnis, LSM, dan komunitas Jepang,” ujar Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii setelah  diterima oleh Pj. Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita di Gedung PMI, Jakarta, Kamis (16/8).

Menurutnya, mengenai bagaimana penyaluran bantuan tersebut, hal itu tentu menyesuaikan dengan kebutuhan warga di sana.

“Saya merasa rekonstruksi juga merupakan hal penting. Tapi mungkin untuk saat ini yang diperlukan di sana lebih kepada obat-obatan, air bersih, kondisi psikologis para korban, itu juga sangat penting dan merupakan sebuah prioritas,” tutur Masafumi.

Saat gempa itu terjadi, ia menjelaskan, terdapat beberapa warga Jepang yang sedang berada di Lombok. “Kami  berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah berhasil melakukan evakuasi warga kami dengan baik,” katanya.

“Di antara warga Jepang tersebut ada seorang warga Jepang perempuan mengalami luka-luka, yang sekarang sudah dapat pulang kembali ke Jepang,” ujarnya.

Masafumi berharap, kondisi di Lombok dapat segera pulih kembali.(L/R04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)