Dubes Palestina Puji Klub Sepak Bola Inggris Forest Green Rovers Kibarkan Bendera Palestina

Ilustrasi: Bendera Palestina saat Denmark melawan Israel, kualifikasi Piala Dunia di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark pada 8 September 2021. (Foto oleh Ulrik Pedersen/NurPhoto via Getty Images)

London, MINA – Duta Besar Palestina untuk Inggris, Husam Zomlot memuji ketua klub sepak bola Liga Dua Inggris Forest Green Rovers FC, Dale Vince,  mengibarkan bendera nasional Palestina selama pertandingan di stadionnya.

Vince mengatakan, bendera itu dikibarkan dalam solidaritas dengan rakyat Palestina serta membandingkan kekerasan dan pendudukan yang dihadapi oleh Palestina dengan penderitaan Ukraina saat ini.

Menanggapi isyarat itu, Zomlot mengirim surat pujian kepada klub yang berbasis di Gloucestershire itu, bahkan mengundang tim untuk mengunjungi Palestina yang diduduki, The New Arab melaporkan.

Awal pekan ini, Vince juga telah menerbitkan serangkaian tweet di mana ia menarik kesejajaran antara invasi Rusia ke Ukraina dan pendudukan Israel atas Palestina.

Vince mengatakan, kedua wilayah menderita invasi, pengepungan, dan pendudukan, dengan warga sipil terbunuh dan rumah sakit serta rumah dihancurkan.

“Palestina telah dikepung oleh Israel – melalui udara, darat dan laut, selama beberapa dekade. AS mengizinkan ini, memompa miliaran ke Israel untuk mendukung ekonomi dan militernya, dan menggunakan hak vetonya untuk memblokir tindakan yang berarti oleh PBB,” katanya.

Beberapa pesepak bola dan penggemar sepak bola Inggris telah menunjukkan solidaritas kepada Palestina selama bertahun-tahun, terutama klub Liga Utama Skotlandia Celtic FC, yang sering mengibarkan bendera untuk menghormati warga Palestina.

Pesepakbola lain, seperti pemain Manchester United Paul Pogba dan pemain Manchester City Riyad Mahrez, pernah mengibarkan bendera untuk menunjukkan solidaritasnya kepada Palestina. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.