Qatar Bangun Rumah Sakit di Gaza Selatan

Rafah, MINA – Duta Besar Qatar Mohammed Al-Emadi menandatangani perjanjian proyek pembangunan Rumah Sakit Umum “Sheikh Jassim Bin Hamad” di Rafah, Jalur Gaza selatan.

Direktur Jenderal Teknik dan Pemeliharaan Kementerian Kesehatan di Gaza M. Bassam Al-Hamadeen, menjelaskan, rumah sakit di Rafah akan diberi nama Rumah Sakit Umum Hamad bin Jassim, sesuai permintaan saudara-saudara yang mendukung Yayasan Jassim dan Yayasan Amal Hamad bin Jassim Qatar, Palinfo Melayu melaporkan.

“Rumah sakit ini akan melayani penduduk di wilayah propinsi Rafah. Rumah Sakit ini dibangun karena kebutuhan penduduk untuk mendapatkan spesialisasi medis yang tidak ada di rumah sakit Rafah, akibat tragedi yang terjadi, terutama pada masa krisis dan perang. Hal ini terlihat dari agresi penjajah Israel di Jalur Gaza pada tahun 2014,” katanya.

Ia menyebutkan, rumah sakit yang ada saat ini di Rafah seperti RS Al-Najjar dan Al-Emirat tidak memiliki perawatan intensif dan tidak ada layanan khusus. Kapasitas klinisnya terbatas, tidak lebih dari 65 tempat tidur, dan ini tidak mencukupi untuk populasi sekitar 250 orang ribu jiwa.

Ia mengungkapkan biaya tahap pertama rumah sakit tersebut senilai $ 24 juta, $ 18 juta untuk konstruksi dan penyelesaian, dan $ 6 juta untuk peralatan medis.

Ia menjelaskan, konstruksi akan di bawah pengawasan Komite Qatar untuk Rekonstruksi Gaza. (T/SH/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Dapatkan berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Jangan lupa juga ikuti berita terkini dari MINANEWS di Google News, klik di sini.