Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dubes Rathore: Jangan Lupakan Kashmir dan Palestina di Hari Kemerdekaan Kita

Rana Setiawan Editor : Arif R - Rabu, 14 Agustus 2024 - 17:34 WIB

Rabu, 14 Agustus 2024 - 17:34 WIB

34 Views

Dubes Pakistan untuk Indonesia Ameer Khurram Rathore.(Foto: MINA)

Jakarta, MINA – Dubes Pakistan untuk Indonesia Ameer Khurram Rathore mengingatkan dalam momen perayaan hari ulang tahun kemerdekaan negaranya, untuk tidak melupakan rakyat Jammu-Kashmir dan Palestina yang masih berjuang untuk merdeka.

“Isu Kashmir dan Palestina adalah dua masalah yang sangat dekat di hati kita. Meskipun kita merayakan kemerdekaan kita, kita harus ingat bahwa masih ada banyak orang di dunia ini yang belum merasakan kebebasan yang sama,” kata Dubes Rathore kepada MINA usai upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Pakistan yang ke-78 di Kedutaan Besar Pakistan, Jakarta, Rabu (14/8).

Menurutnya, Jammu-Kashmir, yang telah lama menjadi sumber ketegangan dan konflik, masih menunggu untuk mendapatkan haknya atas kemerdekaan. Begitu juga dengan Palestina, yang terus berjuang melawan penindasan dan ketidakadilan.

“Kita, sebagai bangsa yang merdeka, memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung perjuangan mereka,” ujarnya.

Baca Juga: Resmi Ditutup, Kaltim Raih Juara Umum MTQ Nasional 2024

Dubes Pakistan juga menyerukan persatuan komunitas internasional dalam semangat solidaritas dan dukungannya mendukung kemerdekaan di Kashmir dan Palestina.

“Kita harus terus mengangkat suara kita untuk Kashmir dan Palestina, memastikan bahwa dunia tidak melupakan perjuangan mereka. Dengan dukungan kita, kita berharap agar suatu hari nanti, semua orang dapat merasakan kebebasan dan keadilan yang sama,” katanya.

Kedutaan Besar Pakistan di Jakarta merayakan Hari Kemerdekaan Pakistan yang ke-78 dengan upacara sederhana namun bermartabat, dihadiri oleh warga diaspora Pakistan, keluarga, teman-teman dari Indonesia, serta perwakilan media.

Acara dimulai dengan pengibaran Bendera Nasional oleh Duta Besar Ameer Khurram Rathore, diikuti dengan pembacaan pesan dari Presiden dan Perdana Menteri Pakistan.

Baca Juga: Puluhan WNI Jadi Korban TPPO di Myanmar

Dalam pernyataannya, Duta Besar Rathore menegaskan kembali komitmen Pakistan untuk menegakkan nilai-nilai demokrasi, supremasi hukum, dan cara hidup Islam yang diimpikan oleh para pendiri negara.

Duta Besar juga menyampaikan dukungan yang kuat bagi rakyat Jammu dan Kashmir yang diduduki secara ilegal oleh India, menegaskan dukungan moral, politik, dan diplomatik Pakistan untuk hak mereka yang sah.

Selain itu, ia menyampaikan solidaritas dengan rakyat Palestina, menegaskan komitmen Pakistan terhadap tujuan mereka yang adil.

Dalam sambutannya mengenai hubungan Pakistan-Indonesia, Duta Besar Rathore menekankan ikatan sejarah yang kuat dan nilai-nilai bersama antara kedua negara, yang telah terjalin sejak era kepemimpinan Quaid-e-Azam Muhammad Ali Jinnah dan Presiden Sukarno.

Baca Juga: Arif Rahman Selesaikan Studi S3 di Sudan Saat Perang Berkecamuk

Ia menyatakan kepuasannya atas hubungan bilateral yang terus berkembang dan pentingnya mengeksplorasi peluang kerja sama baru, terutama dalam bidang perdagangan, pertahanan, budaya, dan pendidikan.

Duta Besar juga mengapresiasi kontribusi signifikan komunitas Pakistan di Indonesia dalam memperkuat hubungan antara kedua negara.

Pameran Lukisan  

Karya seni lukisan seorang seniman keturunan Pakistan-Indonesia dipajang di Kedutaan Besar Pakistan di Jakarta dalam perayaan Hari Kemerdekaan Pakistan ke-78, Rabu (14/8/2024).(Foto: MINA)

Sebagai bagian dari perayaan, Kedutaan Besar Pakistan juga menyelenggarakan pameran kecil yang menampilkan karya seni lukisan Ibu Selim Bibi, seorang seniman keturunan Pakistan-Indonesia.

Baca Juga: Santri Ponpes Hafidz Al-Fatah Jambi Terima Beasiswa Tahfidz dari Pemprov Jambi

Meskipun menghadapi tantangan kesehatan di usia hampir tujuh puluh tahun, Ibu Selim Bibi beralih ke seni lukis sebagai bagian dari pemulihannya.

Karya-karyanya, yang mencerminkan hubungan mendalamnya dengan Pakistan, menjadi bukti kegigihan dan cinta yang tak terpadamkan terhadap tanah air ayahnya.

Pameran tersebut mendapat antusias dari tamu undangan yang hadir dan menambah sentuhan emosional pada acara tersebut.[]

 

Baca Juga: Gempa di Pantai Selatan Sukabumi Bukan Megathrust

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Baca Juga: Indonesia, Peru Percepat Penyelesaian Perjanjian Perdagangan Bebas

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Palestina
Internasional
Indonesia
Palestina
Palestina
MINA Preneur
Palestina