Dubes RI Budapest Bicara Pendidikan Pada 200 Mahasiswa University of Pécs

Dubes RI Budapest Bicara di Hadapan 200 Mahasiswa University of Pécs. (Foto: Kemlu)

Hongaria, 10 Rajab 1438/ 7 April 2017 (MINA) – Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo menjadi salah satu pembicara pada acara Diplomats’ Round-table Discussion dengan tema “education and science diplomacy” yang diselenggarakan oleh University of Pécs di Main Hall, Perpustakaan University of Pécs, Rabu (5/4).

Di hadapan 200 mahasiswa University of Pécs, Dubes Wening memaparkan sistem dan diplomasi pendidikan di Indonesia yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. Demikian siaran pers Kemlu yang dikutip MINA, Jumat (7/4).

“Sebagai bagian dari upaya public diplomacy, Pemerintah Indonesia menawarkan berbagai beasiswa bagi para pemuda negara sahabat sejak tahun 1974, para alumni penerima beasiswa tersebut sekarang menjadi agen promosi bagi Indonesia,” jelasnya.

Kegiatan Diplomats Round-table Discussion yang merupakan bagian dari peringatan 650 tahun Jubilee University of Pécs tersebut juga menghadirkan 17 Duta Besar-Duta Besar dari berbagai negara. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan oleh Duta Besar Wening untuk menjelaskan mengenai beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia.

Dalam presentasinya Dubes Wening juga memaparkan program-program di bidang diplomasi pendidikan yang dilakukan oleh KBRI Budapest antara lain program Indonesia Goes to School dan program penyediaan pengajar Bahasa Indonesia di Budapest Business School.

Kesempatan ini juga digunakan sebagai ajang promosi Budaya oleh Dubes RI kepada para Duta Besar dan civitas akademika University of Pécs dengan penggunaan batik dan tenun khas Indonesia dalam acara bergengsi ini. Universitas ini merupakan yang pertama di Hongaria yang mempunyai lebih dari 3000 mahasiswa internasional, dan 4 diantaranya berasal dari Indonesia. (L/R07/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)