Dubes RI di Rusia: Indonesia Selalu Dukung Kemerdekaan Palestina

Dubes RI dan Mufti Sheikh Ravil Gaynutdin. Foto: KBRI Moskow

Moskow, 28 Ramadhan 1438/23 Juni 2017 (MINA) – Duta Besar (Dubes) RI untuk Rusia Wahid Supriyadi, memberi sambutan sebagai wakil negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak di dunia pada kegiatan International Al-Quds Day di Masjid Agung (Chatedral Mosque) kota Moskow.

“Konstitusi Indonesia mengamanatkan bahwa kemerdekaan itu adalah hak setiap bangsa, dan karenanya segenap rakyat Indonesia selalu mendukung kemerdekaan penuh Palestina dari pendudukan negara asing,” ujar Wahid, Jumat (23/6).

Berdasarkan keterangan pers KBRI Moskow, yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Wahid mengatakan, Indonesia juga berkomitmen tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel sebelum bangsa Palestina meraih kemerdekaannya.

Dihadapan ribuan jamaah sholat Jumat yang memadati masjid terbesar di Rusia tersebut, Dubes Wahid atas nama seluruh umat muslim di Indonesia juga menyampaikan selamat berpuasa Ramadhan dan Idul Fitri (Uraza Bayram) yang akan dirayakan hari Minggu 25 Juni nanti.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Penasehat Presiden Palestina bidang Agama yang juga Hakim Agung Palestina Mahmud Al-Habbash, Dubes Palestina, Turki, Katar, Yaman, Yordania, Indonesia, Irak, Iran, Afghanistan, Djobouti, dan diplomat dari Aljier dan Saudi Arabia. Dari 10 Dubes, hanya 3 yang mendapat kesempatan memberi sambutan, yakni Dubes Palestina, Iran dan Indonesia.

Kegiatan International Al-Quds Day rutin diadakan tiap tahun pada hari Jumat terakhir di bulan Ramadhan oleh lembaga Russia Muftis Council dan Religious Board of Muslims of the Russian Federation pimpinan Mufti Sheikh Ravil Gaynutdin.

Kegiatan International Al-Quds Day dilanjutkan dengan sholat Jumat berjamaah dengan khatib Penasehat Presiden Palestina bidang Agama yang juga Hakim Agung Palestina Mahmud Al-Habbash.

Usai sholat Jumat diumumkan berakhirnya bulan Ramadhan di Rusia adalah tanggal 24 Juni 2017 dan Sholat Ied akan dilaksanakan hari Minggu, 25 Juni 2017 pukul 07.00 waktu Moskow.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, sholat Ied dalam rangka perayaan “Uraza Bayram” (Idul Fitri) diperkirakan dihadiri puluhan ribu umat Muslim yang tumpah ruah hingga ke jalanan sekitar Masjid Agung Moskow yang berkapasitas 10.000 orang tersebut.(L/R04/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)