Dubes RI Khartoum Dorong Penguatan Kerjasama Pendidikan Indonesia-Sudan

Khartoum, MINA – Dubes RI di Sudan Rossalis R. Adenan mendorong peningkatan kerjasama di bidang pendidikan tinggi antara Indonesia dan Sudan.

Hal itu disampaikannya dalam pertemuan dengan Sekjen Kemendikti Sudan Prof. DR. Sami Mohamed Sharief, di Khartoum, demikian keterangan tertulis yang diterima MINA, Selasa (19/11).

Dari pertemuan itu, disepakati Indonesia dan Sudan sama-sama memandang bahwa kerjasama di sektor pendidikan tinggi merupakan hal penting, dalam peningkatan hubungan bilateral kedua negara, serta diperlukan komitmen untuk memperkuat kerjasama tersebut.

Kedua belah pihak juga berharap agar semakin banyak warga Negara Sudan yang mendapat kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi di Indonesia.

Khususnya dengan memanfaatkan tawaran beasiswa dari Pemerintah RI, sejalan dengan meningkatnya jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Sudan dengan beasiswa dari Pemerintah Sudan.

“Pemerintah RI menyatakan kesiapan untuk memberikan keahlian dan pengalaman dengan Sudan yang sedang dalam masa transisi politik dan ekonomi melalui program capacity building, baik dalam bentuk pelatihan, workshop dan seminar,” kata Adenan.

Sementara, Sekjen Kemendikti Sudan sebelumnya pernah menghadiri Resepsi Diplomatik HUT RI 17 Agustus 2019 yang diadakan KBRI Khartoum sebagai Tamu Kehormatan. Hal itu menegaskan pentingnya aspek kerjasama pendidikan tinggi dalam hubungan Indonesia-Sudan.

Tahun ini sendiri, terdapat kurang lebih 500 orang Mahasiswa Baru Program Beasiswa dari Internasional University of Africa mengambil program S1 yang berasal dari Indonesia. (R/Ais/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)