Dubes Wahid: Komunis Tidak Mungkin Bangkit Lagi

Jakarta, MINA – Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Republik Belarus masa tugas 2016-2020, Mohamad Wahid Supriyadi mengatakan, rasanya ideologi komunis tidak mungkin lagi bisa hidup di abad modern seperti saat ini.

“Di Rusia, komunis sudah mati. Rasanya tidak mungkin lagi bangkit lagi, ” kata Dubes Wahid kepada MINA dalam sebuah wawancara eksklusif, Sabtu (5/9) di Jakarta.

Dubes Wahid menambahkan, meskipun masih ada partai komunis di Rusia, namun keberadaannya sudah tidak bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan negara.,

”Bahkan, ada pemimpin partai komunis di Rusia yang rajin pergi ke gereja. Jadi ia bukan lagi atheis,” papar Dubes Wahid.

Dubes Wahid yang juga pernah bertugas di Uni Emirat Arab dan Australia itu mengatakan, Islam di Rusia adalah agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks, yakni sekitar 21 – 28 juta penduduk atau 15 – 20 persen dari sekitar 142 juta penduduk.

Kehidupan Muslim di Rusia saat ini membaik jika dibandingkan dengan masa kekuasaan Komunis dahulu. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Rusia, pemimpin Rusia (Vladimir Putin) memasukkan menteri Muslim dalam kabinetnya dan mengakui eksistensi Muslim Rusia.

Sementara itu, Indonesia dikenal baik oleh rakyat Rusia, khususnya mereka yang pernah mengalami masa Presiden Soekarno berkunjung ke negerinya pertengahan 1950-an. “Presiden Soekarno telah meninggalkan legacy yang bagus dan Indonesia dipandang sebagai teman yang baik bagi Rusia. (L/P2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Comments are closed.