Dubes Wahid Undang Pengusaha Halal Unggulan Ikuti Kazan Summit 2019

Jakarta, MINA – Duta Besar  Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus M. Wahid Supriadi mengundang perusahaan-perusahaan produk halal unggulan dalam negeri untuk mengikuti  The 11th International Economic Summit ‘Russia-Islamic World: Kazan Summit 2019’ di Kazan, ibukota Tatarstan pada 24-26 April 2019 mendatang.

“KBRI Moskow akan memfasilitasi pengusaha produk halal dan pakaian Muslim Indonesia pada acara yang digelar di Kazan (tahun ini), mayoritas penduduknya beragama Islam. Sementara setiap tahun digelar (pameran produk halal), kita belum pernah masuk,” kata Dubes Wahid saat temu wartawan dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Jakarta, Jumat (8/3).

Dia menyampaikan perlunya bersinergi melakukan penetrasi pasar di Rusia dan KBRI Moskow siap untuk menjadi bagian yang aktif dari upaya peningkatan ekspor nasional tersebut, termasuk masuknya produk-produk halal unggulan Indonesia.

“Sinergi ini sebagai bagian dari diplomasi ekonomi Indonesia untuk lebih mempromosikan perdagangan dan peningkatan ekspor kita,” imbuh Dubes Wahid.

Beberapa perusahaan siap ikut serta pada pameran tersebut, termasuk perusahaan pionir produk kosmetik halal Wardah, Mayora, Garuda Food, dan PT Kapal Api melalui EuroTrade sebagai distributornya di Rusia.

“Saya bertemu dengan pihak Wardah dan sangat positif. Jangan lupa di sana (Rusia) ada sekitar 25 juta penduduk Muslim. Hubungan Islam dan Rusia yang sudah lama juga menjadi peluang besar pengembangan produk halal di sana,” ujar Dubes Wahid.

The International Economic Summit ‘Russia-Islamic World: Kazan Summit’ atau KTT Pembangunan Ekonomi “Rusia – Dunia Islam: Kazan Summit” adalah acara untuk pengembangan ekonomi internasional terkemuka yang digelar Federasi Rusia bersama Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

KTT ini diadakan setiap tahun sejak 2009. Pada Kazan Summit 2018 dihadiri sekitar 3.000 peserta dari 53 negara.

Forum bisnis Rusia – Indonesia akan diluncurkan untuk pertama kalinya pada Kazan Summit 2019 yang akan diadakan di pusat pameran internasional “Kazan Expo”.

Kesepakatan itu dicapai selama kunjungan Dubes Wahid di Kazan pada 1 Oktober 2018 lalu. Delegasi Bisnis Indonesia dan Rusia akan membahas kerja sama dan proyek-proyek bersama yang baru.

Nilai perdagangan bilateral Indonesia dan Rusia pada tahun 2018 tercatat senilai USD2,552 miliar.(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)