Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dubes Yassir Berharap Kerja Sama Sudan dengan Indonesia Semakin Erat 

Rana Setiawan Editor : Widi Kusnadi - Selasa, 23 Juli 2024 - 19:48 WIB

Selasa, 23 Juli 2024 - 19:48 WIB

28 Views

Duta Besar (Dubes) Republik Sudan untuk Republik Indonesia H.E. Dr. Yassir Mohamed Ali.(Foto: MINA)

Jakarta, MINA – Duta Besar (Dubes) Republik Sudan untuk Republik Indonesia H.E. Dr. Yassir Mohamed Ali mengharapkan kerja sama Sudan dan Indonesia dapat semakin erat, terutama dalam bidang pendidikan dan ekonomi.

“Kami berharap penguatan kerjasama dengan negara-negara sesama lintas khatulistiwa yang pada umumnya memiliki banyak kesamaan budaya dan sosial,” kata Dubes Yassir saat menerima pimpinan Kantor Berita MINA di Kedutaan Besar Republik Sudan di Jakarta, Selasa (23/7).

Menurutnya, persahabatan Indonesia dan Sudan sudah berjalan panjang dan sangat kuat, sejak peristiwa fenomenal dunia Konferensi Asia Afrika 1955 hingga hari ini.

Persahabatan Indonesia dan Sudan berjalan di berbagai aspek, mulai dari keagamaan, kebudayaan, ekonomi, perdagangan, riset dan penelitian. Mengingat jejak historikal dan saling membutuhkan antar kedua negara, hubungan yang sudah baik itu mesti dijaga serta ditingkatkan ke depannya.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

Rakyat Sudan sangat mengenang jasa Indonesia bagi bangsa Sudan melalui penyelenggaraan KTT Asia Afrika 1955 di Bandung.

Selama bertugas di Indonesia, Dubes Yassir juga terus berupaya melakukan berbagai program visioner dalam meningkatkan kerjasama dengan Indonesia, baik di bidang perekonomian, perdagangan, pendidikan, dan kebudayaan.

Dubes Yassir juga berkomitmen bahwa Sudan akan terus menjalin dan memperkuat hubungan kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang, termasuk saling dukung dalam berbagai forum multilateral, diplomasi ekonomi dan kerjasama sosial budaya.

Dubes Sudan juga mengharapkan kerja sama people to people antar masyarakat kedua negara terus ditingkatkan.

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

Sejumlah lembaga pendidikan di Indonesia, seperti pesantren dan ma’had aly yang sering mengundang tenaga pengajar dari Sudan. Sebaliknya, di Sudan juga banyak pelajar dan santri Indonesia yang berguru dan menuntut ilmu di sana.

“Kami siap membuka peluang kerja sama multibidang dengan lembaga di Idnonesia. Antara lain di bidang dakwah, pendidikan, kesehatan, kemanusiaan dan pengembangan institusi perzakatan,” pungkasnya.

Dubes Sudan juga siap bekerja sama soal SDM negara tersebut yang perlu dimanfaatkan untuk branding Indonesia dalam menggagas karya monumental berbahasa Arab.

Sudan yang bertetangga dengan sejumlah negara dapat menjadi pusat bagi produk-produk buatan Indonesia untuk dipasarkan ke negara-negara lain, ungkapnya seraya menambahkan, pelabuhan Sudan di Laut Merah memiliki fasilitas yang dapat mendukung perdagangan.

Baca Juga: LTM PBNU Gelar Pelatihan Digital untuk 400 Takmir Masjid Se-Jabodetabek

Dubes Yassir menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah RI yang secara konsisten terus mendukung Sudan dan memfasilitasi berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kedua bangsa, termasuk dalam pendampingan pengusaha Sudan dan bantuan kemanusiaan.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: 20 Tahun Pembunuhan Munir, Amnesty Internasional Desak Pemerintah Tuntaskan Kasus

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
Kolom
Kolom
Dunia Islam
Indonesia
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia