Dukung Perlawanan Tepi Barat, Warga Gaza Berdemo di Pagar Timur

Ilustrasi: Pemuda Palestina berjuang dalam protes pekanan di dekat perbatasan Gaza, Jumat, 28 Juni 2019. (Foto: Hassan Jedi/Flash90)

, MINA – Puluhan pemuda di Gaza mengadakan protes di sepanjang pagar timur daerah itu pada Selasa malam (25/10), melawan tentara Israel yang ditempatkan di sana, dalam solidaritas dan mendukung perlawanan orang-orang Palestina di Tepi Barat.

Mereka mengibarkan bendera Palestina, membakar ban mobil dan melemparkan batu ke arah tentara Israel, sambil meneriakkan kejahatan Israel di Tepi Barat, terutama di kota Nablus dan Jenin, The New Arab melaporkan.

Tentara Israel menembakkan tabung gas air mata ke para pengunjuk rasa dan menuntut agar para pengunjuk rasa bubar atau tentara akan menembaki mereka.

“Kami datang ke sini untuk mengatakan kepada saudara-saudara kami di Nablus, Jenin dan semua kota di Tepi Barat bahwa kami semua berada di posisi yang sama dan kami tidak akan membiarkan mereka sendirian menghadapi kejahatan Israel,” kata Adli al-Halabi, seorang pengunjuk rasa kepada The New Arab.

Baca Juga:  Puisi Penyair Gayo untuk Palestina

“Kami sedih karena para pemimpin kami bungkam terhadap kejahatan seperti itu terhadap pemuda,” tambahnya. “Suatu hari, kami akan berdemonstrasi melawan mereka semua serta melawan Israel.”

Fathi al-Gharabli, pemrotes lain, mengatakan, “Israel berpikir bahwa kami akan diam terhadap agresinya di Tepi Barat karena melonggarkan beberapa pembatasan di Gaza, tetapi kami datang ke sini untuk mengatakan bahwa semua orang Palestina memiliki masalah yang sama dan musuh yang sama.”

“Tidak ada keraguan bahwa Israel akan berakhir suatu hari nanti, tetapi kami harus mendukung perlawanan kami dan kami [generasi muda] harus menunjukkan kepada Israel bahwa kami akan tumbuh atas kebenciannya. Kami tidak akan menerima keberadaannya di tanah kami,” tambahnya.

Baca Juga:  MER-C Desak Israel Segera Hentikan Serangan ke Rafah

Demonstrasi terjadi sebagai tanggapan atas pembunuhan enam warga Palestina oleh tentara Israel, termasuk lima pejuang di kota Nablus, Tepi Barat, dan seorang remaja di kota Ramallah, Selasa pagi. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.