Duta Al-Quds: Kembangkan Budaya Santri Menulis dan Membuat Konten Kreatif Al-Aqsa

Cileungsi, Kab. Bogor, – Duta Al-Quds Ali Farkhan Tsani mengatakan, perlu terus dikembangkan budaya di kalangan santri dalam membaca, menulis dan membuat konten- tentang Masjidil Aqsa.

“Sosialisasi tentang pentingnya Al-Aqsa bagi generasi muda Muslim, harus terus dilakukan oleh kalangan santri. Terlebih sekarang era digital, dengan membuat konten-konten kreatif seperti vlog video pendek tentang keutamaan Al-Aqsa oleh santri,” ujarnya pada Pekan Pembekalan Daurah Al-Jama’ah dan Al-Aqsa untuk Santri Ponpes Al-Fatah Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (13/12).

Ali Farkhan, duta al-Quds alumni Daurah Al-Quds di Mu’assasah Al-Quds Ad-Dauliyah Shana’a, Yaman, mengatakan, santri memiliki potensi untuk mensosialisasikan gerakan melalui tulisan-tulisan yang dipasang di majalah dinding santri atau website kreatif santri.

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

“Apalagi jika disebarkan melalui website santri, karya-karya santri akan lebih luas tersebar. Syarat utamanya ya santri harus rajin membaca buku, informasi dan perkembangan terkini tentang Al-Aqsa dan ,” ujar Ali, yang juga Wartawan (Mi’raj News Agency).

Tulisan-tulisan santri yang layak tentang Al-Aqsa, juga dapat dimuat di media online MINA yang beralamat minanews.net.

“Insya Allah tentu kami siap melatih kader-kader santri yang berminat di bidang tulis-menulis, untuk kami latih bersama rekan-rekan wartwan MINA. Termasuk dalam pembuatan konten-konten kreatif untuk media sosial,” lanjutnya.

Ia menambahkan, kegiatan santri seperti muhadharah (latihan berpidato) dan kegiatan ekstrakurikuler, dapat dibuat vlognya, kemudian diisi konten-konten keutamaan Al-Aqsa, dan dipublish di media sosial.

Baca Juga:  Dicap Lakukan Genosida di Gaza, Kolombia Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel

“Apalagi jika diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Insya-Allah karya-karya itu akan menjadi dukungan moral tersendiri bagi rakyat Palestina, terutama generasi mudanya. Bahwa ada banyak pelajar-pelajar dari Indonesia yang jauh secara jarak dari Palestina, tetapi menjadi dekat karena intensif membela Al-Aqsa dan Palestina melalui media,” lanjutnya.

Ia memaparkan tentang keutamaan Masjidl Aqsa dari tinjauan Al-Quran dan Al-Hadits, serta sejarah Al-Aqsa dan perkembangan terkini.

Pada acara tersebut ditayangkan beberapa video singkat tentang Perjuangan Al-Aqsa dan Palestina. (L/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)   

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.