Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Duta Al-Quds: Seluruh Nabi Terkait Al-Aqsa

Ali Farkhan Tsani Editor : Widi Kusnadi - Senin, 9 September 2024 - 09:33 WIB

Senin, 9 September 2024 - 09:33 WIB

25 Views

Biro AWG Jawa Barat melaksanakan Dauroh Al-Quds dengan tema “Meningkatkan Ruhul Jihad untuk pembebasan Al-Aqsa dan Palestina”, di Gedung Alfa Centauri Jl. Diponegoro Bandung, Sabtu-Ahad, 7-8 September 2024.(Dok AWG)

Jakarta, MINA – Duta Al-Quds Internasional, Ali Farkhan Tsani, mengatakan seluruh Nabi dan Rasul utusan Allah Subhanahu wa Ta’ala terkait dengan Masjid Al-Aqsa.

“Mulai dari Nabi Adam a.s. yang memasang pondasi awal hingga anak keturunan Nabi Nuh a.s. yang tinggal di kawasan Ardhu Kan’an, Nabi Ibrahim a.s. yang datang dari Babilonia dan kemudian keturunan Nabi Ishaq a.s., Nabi Yaqub a.s. dan keturunan berikutnya, tinggal di sekitar Al-Aqsha,” ujar Ali Farkhan pada Dauroh Al-Quds yang mengambil tema “Meningkatkan Ruhul Jihad untuk  pembebasan Al-Aqsa dan Palestina”, di Gedung Alfa Centauri Jl. Diponegoro Bandung, Ahad (8/9).

“Selanjutnya, Nabi Dawud a.s. dan Nabi Sulaiman a.s. memelihara Masjidil Aqsa, demikian pula Nabi Zakariya a.s., Nabi Yahya a.s. dan Nabi Isa a.s. berdakwah di sekitar Al-Aqsa”, lanjutnya di hadapan sekitar 50 peserta dari berbagai daerah di wilayah Jawa Barat.

Dia menambahkan, kaitan seluruh Nabi dengan Al-Aqsa terjadi pada peristiwa Isra Mi’raj, ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengimami seluruh Nabi dan Rasul utusan Allah di Kompleks Masjid Al-Aqsa.

Baca Juga: Dompet Dhuafa Gandeng Titimangsa, Suguhkan Teater Musikal tentang Palestina

“Bahkan seterusnya Al-Aqsa menjadi pusat perhatian perjuangan Islam, hingga Hari Kiamat, sampai Al-Aqsa bebas dari cengkeraman Yahudi, seperti janji Nabi,” ujarnya.

“Sebagai generasi pelanjut perjuangan Nabi, maka kita sebagai generasi Muslim hendaknya ikut dalam kegiatan perjuangan Al-Aqsa dari cengkeraman Zionis Yahudi agar kita ikut kebagian berkah Al-Aqsa,” lanjutnya.

Ali Farkhan Tsani menambahkan beberapa karakteristik pembebas Al-Aqsa sebagaimana tertuang di dalam Surah Al-Isra mulai dari ayat 1 sampai 111, di antaranya adalah teguh berpegang pada Al-Quran, berbakti kepada kedua orangtua, menjauhi perbuatan zina, menjaga Shalat Tahajud, dan sebagainya.

Tampil sebagai pembicara pada Dauroh Al-Quds yang diselenggarakan oleh Aqsa Working Group (AWG)  Biro Jawa Barat yaitu: Nur Ikhwan Abadi (Ketua Presidium AWG), membahas “Road Map Jama’ah Muslimin (Hizbullah) dalam perjuangan Ghazwah Fathul Aqsa“, M.Ansorullah (Anggota  Presidium AWG) membahas “Mewaspadai Program-Program Yahudi“, dan Fanji Alfadhilah (Aktivis AWG Jabar) membahas “Ayat dan Hadits tentang Pembebasan Masjidil Aqsa“.

Baca Juga: Imbas Gempa Garut-Bandung, 14 Perjalanan Kereta Whoosh Dibatalkan

Pemateri lainnya Ali Farkhan Tsani (Duta Al-Quds Internasional) membahas “Sejarah Al-Aqsa dan Palestina Tinjauan Sejarah para Nabi hingga Turki Utsmani”. Onny Firyanti Hamidy membahas “Peran Perempuan dalam pembebasan Masjidil Aqsa dan Progres Pembangunan Rumah Sakit Ibu dan Anak di Gaza“, dan Munif Nasir (Pembina AWG Jabar) membahas “Sejarah Al-Aqsa dan Palestina dari Turki Utsmani hingga Masa Pendudukan”.

Dauroh diselingi dengan nonton bersama film dokumenter “Al-Nakba” edisi tim Al-Jazeera.

Para peserta mengenakan pakaian dengan atribut Palestina seperti baju dan syal Palestina.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Gempa M5 Guncang Bandung, Tidak Potensi Tsunami

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
Khutbah Jumat
Palestina
Indonesia
Indonesia
Indonesia
MINA Preneur
Khadijah
MINA Health