Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Duta Al-Quds : Wajib Menolong Bangsa Terjajah

Ali Farkhan Tsani - Jumat, 18 November 2022 - 05:05 WIB

Jumat, 18 November 2022 - 05:05 WIB

5 Views

Purbalingga, MINA – Duta Al-Quds Internasional Ali Farkhan Tsani mengatakan, merupakan suatu kewajiban bagi setiap Muslim untuk menolong Palestina bangsa yang sedang dijajah oleh pendudukan Israel.

“Allah dan Rasul-Nya memerintahkan kita untuk menolong suatu kaum atau bangsa yang sedang dijajah, dizalimi dan diperlakukan tidak adil, dalam hal ini Palestina,” ujar Ali Farkhan pada Daurah Al-Quds di Pondok Pesantren Al-Fatah Purbalingga, Jateng, Kamis malam (17/11/2022).

Dia menambahkan, secara kebangsaan hal itu juga merupakan amanat konstitusi bangsa Indonesia yang dalam Pembukaan UUD 1945 menyebutkan, penjajahan di atas muka bumi ini harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

Dia mengutip pernyataan Presiden Pertama RI Soekarno yang menegaskan, “Selama kemerdekaan Bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menentang penjajahan Israel.”

Baca Juga: Jurnalis Palestina Menangkan Penghargaan Anugerah Emmy 

Karenanya, menolak kehadiran Timnas Israel yang akan bertanding dalam perhelatan Piala Dunia U20 di Indonesia tahun 2023, adalah sesuai dengan konstitusi bangsa Indonesia, ujarnya.

“Menerima kehadiran Timnas Israel berarti mengakui eksistensi negara pendudukan,” ujar Ali Farkhan yang juga Redaktur Senior MINA.

Ia juga menjelaskan dalil-dalil Al-Quran dan Al-Hadits serta tinjauan sejarah bagaimana kewajiban umat Islam memberikan dukungan dan pembelaan terhadap Palestina.

“Apalagi di Palestina terdapat Masjidil Aqsha sebagai masjid mulia ketiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, kiblat pertama, negeri jejak para Nabi dan bumi penuh berkah. Maka kita harus terus menyuarakan solidaritas kita untuk pembebasan Al-Aqsha dan kemerdekaan Palestina,” ujar Alumni Mu’assasah Al-Quds Ad-Dauliyah tersebut.

Baca Juga: PM Palestina: DK PBB Bersalah atas Standar Ganda Tak Manusiawi

Daurah Al-Quds untuk Santri dilaksanakan dalam rangkaian Bulan Solidaritas Palestina (BSP) yang diselenggarakan oleh Lembaga Kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG) sepanjang November ini. (L/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: UNRWA: Lebih dari 625 Ribu anak di Gaza Alami Trauma Berat

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Kolom
Indonesia
Indonesia