Duta Besar RI Tinjau Masjid Indonesia di Kabul

Kabul, 4 Safar 1438/4 November (2016) – Duta Besar RI untuk Kabul, Anshory Tadjudin meninjau Masjid di Ahmad Shah Baba Mina, Kabul – , yang dibangun Pemerintah Indonesia sebagai bagian dari Indonesian Islamic Center (IIC).

Pada kunjungan tersebut, Anshory melihat secara langsung pemanfaatan masjid tersebut baik untuk kegiatan shalat berjamaah, pendidikan Alqur’an, maupun sebagai tempat diskusi warga atau komunitas remaja di sekitar masjid.

Berdasarkan rilis Kementerian Luar Negeri RI yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) Jumat (4/11), pembangunan Masjid Indonesia merupakan salah satu bagian dari komitmen Pemerintah Indonesia untuk mendirikan Indonesian Islamic Center (IIC) di Afghanistan yang telah dicetuskan sejak tahun 2010. Islamic Center tersebut meliputi mesjid, poliklinik, perpustakaan dan social house.

Pembangunan Islamic Center tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan peran Indonesia bagi proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan dengan harapan dapat membantu meningkatkan kapasitas pendidikan dan kesehatan serta menjembatani perbedaan antaretnis maupun pemahaman agama di Afghanistan.

“Secara tidak langsung, hal tersebut juga akan meningkatkan citra Indonesia di mata pemerintah dan masyarakat Afghanistan serta meningkatkan hubungan bilateral kedua negara,” ujar Anshory.

Pada kunjungan tersebut, Dubes RI Kabul itu juga berkesempatan bertemu dengan para pengurus masjid, tetua masyarakat, dan pemuda di lingkungan sekitar masjid.

Dubes menyampaikan agar warga dapat memanfaatkan fasilitas masjid dengan baik dan membantu menjaga sarana dan prasananya agar tetap terawat.

“Pemerintah Republik Indonesia akan menyelesaikan pembangunan fasilitas lainnya, seperti poliklinik dan perpustakaan, agar manfaat dari keberadaan IIC dapat lebih dirasakan oleh warga setempat,” jelasnya.(T/P008/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)