Duta Besar Uni Eropa: Akses Luas Bagi Pelajar Indonesia

Jakarta, MINA – Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam H.E. Vincent Guerend mengatakan akan membuka akses seluas-luasnya bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Eropa.

“Indonesia merupakan negara yang sangat luas dengan potensi pemuda yang luar biasa. Namun demikian, jumlah pemuda yang melanjutkan pendidikan tinggi di Eropa tidak sebanyak pelajar-pelajar dari Malaysia, Thailand bahkan Vietnam,” ujarnya saat meresmikan Pameran Pendidikan Tinggi Eropa (EHEF) 2018, Sabtu (10/11) di Jakarta.

Ia mengungkapkan bahwa jumlah pelajar Malaysia, Thailand dan Vietnam yang berangkat ke Eropa mencapai dua hingga tiga kali lipat dari jumlah pelajar Indonesia.

“Oleh sebab itu kami berkomitmen untuk membuka akses seluas-luasnya kepada para pelajar Indonesia dan penyelenggaraan EHEF setiap tahunnya ini merupakan bukti dari komitmen tersebut,” katanya.

Pameran EHEF diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta hari Sabtu dan berakhir Ahad (11/11).

Terdapat 122 lembaga Pendidikan dari 17 negara Uni Eropa yang berpartisipasi dalam pameran tersebut. Tahun ini sudah ke-10 kalinya di selenggarakan di Indonesia dan yang terbesar di dunia. (L/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)