Emir Qatar Kirim Tim Investasi ke Indonesia

Foto: Kemlu RI

Doha, MINA – Pemerintah akan mengirim tim teknis guna menindaklanjuti hasil pertemuan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani guna meninjau lokasi potensi yang ditawarkan.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar untuk Qatar, Marsekal Madya (Purn) Muhammad Basri Sidehabi setelah mendampingi  Menteri Luhut pada Ahad (10/11) lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Luhut  juga didampingi Utusan Khusus untuk Timur Tengah dan OKI Alwi Shihab, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi, Deputi I bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Maritim Arief Havas Oegroseno, dan Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Sunarko, demikian keterangan pers Kemlu RI yang dikutip MINA Selasa (12/12).

Menurut Dubes Basri, Emir Qatar menyambut hangat kunjungan Menko Luhut dan menyampaikan kesannya yang mendalam terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Emir sangat senang dan memuji leadership Presiden Joko Widodo. Beliau juga bilang (bahwa dirinya) sangat cocok dengan Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Salah satu pembahasannya menindaklanjuti rencana investasi Qatar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok.  “Saya bawa Gubernur NTB, (supaya) jadi konkret karena mereka mau berinvestasi di 150 hektar di KEK Mandalika,” ujar Menko Luhut. Ditambahkan, Qatar juga tertarik untuk berinvestasi di bidang pariwisata di KEK Mandalika. Termasuk investasi perpanjangan landasan pacu (runway) bandara di Lombok menjadi 3.000 meter.

Menurut Direktur PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Ngurah Wirawan, KEK Madalika memiliki  kawasan seluas 1.100 hektar. Investor Qatar ditawarkan area seluas 280, namun mereka ingin fokuskan 150 hektar.  Disampaikan bahwa investor Perancis juga sudah menanamkan investasinya seluas 120 hektar untuk kawasan hotel dan resort.

Selain pariwisata, pertemuan juga membahas mengenai penyelesaian Bilateral Investment Treaty antara Indonesia-Qatar, pengembangan sektor pertanian di Kalimantan, aqua-culture di Sabang, dan sponsorship Asean Games di Indonesia tahun depan.

Terkait permintaan Qatar mengenai kerja sama pertanian, Luhut berjanji akan mempersiapkan lahan pertanian. “Kita siapkan di Kalimantan Tengah mungkin (seluas) 100 ribu ha,” katanya.

Menurut Dubes Basri, pertemuan dilanjutkan rangkaian pertemuan bilateral dengan instansi antara lain dengan Deputy Prime Minister yang merangkap sebagai Menteri Pertahanan, Dr. Khalid bin Mohammad Al Attiyah; Menteri Keuangan, Dr. Ali Shareef Al Emadi yang juga merangkap Sekjen Supreme Council of Economic Affairs and Investment.

Pertemuan dilanjutkan dengan  lunch meeting bersama Sekjen Kementerian Luar Negeri Qatar, Dr. Ahmad Hassan Al-Hamadi guna menfokuskan percepatan realisasi pelaksanaan investasi. Sebagai tindak lanjut dari kunjungan Menko Luhut, Pemerintah Qatar akan mengirim tim teknis untuk meninjau langsung potensi investasi yang ditawarkan Indonesia. Tim investasi tersebut direncanakan berkunjung pada 27 Desember.

Menurut Pelaksana Fungsi Politik KBRI Doha, Boy Dharmawan, pada hari yang sama juga dilakukan pertemuan antara pelaku usaha kedua negara. Delegasi pelaku usaha berjumlah 23 orang dipimpin Helmy Shebubakar, Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Komite Tetap Timur Tengah guna melakukan pertemuan usaha dengan pengusaha Qatar di Qatar Chamber Commerce (QCC).

Pada tanggal yang sama, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf berkunjung ke Qatar dengan membawa delegasi investasi guna melakukan pertemuan dengan investor Qatar termasuk diantaranya CEO Qatar Airways, Akbar Al Baker. Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut kunjungan Emir Qatar ke Indonesia bulan Oktober lalu. (R/R04/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)