Emir Qatar Kunjungi Indonesia 18-19 Oktober

Foto: Nidiya/MINA

Jakarta, MINA – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir mengatakan, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani akan melakukan kunjungan ke pada 18-19 Oktober.

“Menlu RI Retno LP Marsudi akan mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani di Istana Bogor pada 18 Oktober,” ujar Arrmanatha di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Jumat (13/10).

Sementara itu, Direktur Kawasan Timur Tengah Kemlu RI Sunarko mengatakan, kunjungan Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani merupakan kunjungan balasan Presiden Joko Widodo di Doha pada September 2015.

“Kita menyambut positif kunjungan tersebut dan hal ini menunjukkan komitmen kedua negara untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. Kunjungan ini merupakan kunjungan yang bersejarah, kami telah menyiapkan serangkaian persiapan untuk menyambut kedatangannya,” kata Sunarko.

Ia menjelaskan, adapun kerja sama yang akan dibahas di antaranya kerja sama kesehatan, kebudayaan, pemuda dan olahraga, serta transportasi udara.

“Selain itu, akan ada juga kegiatan forum bisnis kedua negara. Delegasi Emir Qatar direncanakan akan membawa 43 pengusaha dari berbagai sektor, sedangkan dari Indonesia sebanyak 150 pengusaha,” katanya.

Sunarko berharap, forum tersebut akan menghasilkan kerja sama yang lebih erat antara pengusaha Indonesia dan Qatar. Dalam hal ini, mengingat Qatar merupakan negara yang memiliki potensi ekonomi yang cukup besar.

Hubungan diplomatik Indonesia-Qatar sudah berjalan selama 41 tahun. Sedangkan nilai perdagangan Indonesia mencapai 900 juta USD per tahun dari produk otomotif, furniture, dan plastik. Adapun Indonesia sebagian besar mengimpor minyak dari Qatar. (L/R04/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.