Emma Watson Beri Dukungan untuk Palestina, Pejabat-pejabat Israel Naik Pitam

Tel Aviv, MINA – Sejumlah pejabat Israel menyerang bintang film Harry Potter, Emma Watson, setelah aktris 31 tahun asal Inggris itu mengunggah postingan yang menunjukkan dukungan untuk Palestina di akun Instagram miliknya @emmawatson, beberapa waktu lalu.

Postingan itu disukai oleh hampir satu juta pengguna Instagram dan disambut dengan curahan dukungan dalam puluhan ribu komentar yang berterima kasih padanya atas solidaritasnya dengan rakyat Palestina.

Mantan Duta Besar Israel untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Danny Danon dengan cepat menuduh Watson anti-Semitisme melalui Twitter, Jumat (7/1), membagikan tangkapan layar dan menuliskan, “10 poin dari Gryffindor karena antisemitisme”.

Setelah postingan itu menyebar di ranah maya, Danon mendapat kecaman dari pengguna Twitter. Sebagian besar dari mereka menganggap pernyataan Danon bertentangan dengan asas keadilan, sebab menyamakan solidaritas Palestina dengan antisemitisme.

Duta Besar Israel untuk PBB saat ini Gilad Erdan juga menyerang Watson dengan upaya referensi Harry Potter, dengan mengatakan, “Fiksi dapat bekerja di Harry Potter tetapi tidak bekerja dalam kenyataan. Jika ya, sihir yang digunakan di dunia sihir dapat menghilangkan kejahatan Hamas. Saya akan mendukung itu!”

Di sisi lain, politisi Inggris, Syeeda Warsi membela Watson, dengan mengatakan, “Ulangi setelah saya Mr… Menunjukkan solidaritas dengan Palestina bukanlah antisemitisme. Komentar mengerikan dari mantan Duta Besar Israel untuk PBB. Upaya terus-menerus untuk menahan setiap dan semua dukungan untuk Palestina harus dihentikan. Solidaritas @EmmaWatson.”

Bukan satu-satunya

Emma Watson bukan satu-satunya selebritas dunia yang menyatakan dukungan untuk Palestina. Pentolan band rock Pink Floyd, Roger Waters, adalah salah satu yang paling vokal menentang penjajahan Israel dengan ikut gerakan boikot Israel, menurut ulasan yang dibagikan sebuah media berbasis di Istanbul, TRT.

Selain Waters, aktris Amerika pemenang Oscar Viola Davis juga mengunggah di media sosialnya untuk menunjukkan solidaritasnya dengan Palestina pada Mei 2021 lalu.

Dalam repost Instagram yang informatif dengan judul “Mari kita bicara tentang apa yang terjadi di Sheikh Jarrah,” Davis menarik perhatian pada pengusiran ilegal yang dipaksakan pada warga Palestina oleh Israel.

Unggahan Viola Davis juga dibagikan oleh aktris terkenal Israel-Amerika Natalie Portman, yang secara konsisten mengkritik Israel karena perlakuan rasisnya terhadap warga Palestina.

Pada 2018, aktris tersebut telah menolak Hadiah Genesis, yang disebut sebagai Hadiah Nobel Israel, sebagai protes terhadap pemerintah Netanyahu.

“Penganiayaan terhadap mereka yang menderita kekejaman hari ini sama sekali tidak sejalan dengan nilai-nilai Yahudi saya,” kata Natalie Portman yang merupakan keturunan Yahudi.

Pandangan Natalie Portman seringkali dibandingkan dengan Gal Gadot, aktris Israel di belakang Wonder Woman DC, yang telah berbicara lebih mendukung Israel. (T/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.