Empat Negara Amerika Latin Ungkapkan Keprihatinan Mendalam pada Keputusan Pelegalan Permukiman

Ramallah, MINA – Pemerintah dari empat negara yakni Argentina, , , dan Meksiko menyatakan dalam pernyataan bersama, Sabtu (18/2), keprihatinan mendalam atas keputusan Pemerintah sayap kanan Israel untuk melegalkan pos-pos baru dan membangun sepuluh ribu unit di permukiman yang sudah ada di Tepi Barat yang diduduki.

“Tindakan sepihak ini merupakan pelanggaran serius terhadap Hukum Internasional dan Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, khususnya no. 2334 (2016), selain berkontribusi meningkatkan ketegangan saat ini,” bunyi pernyataan bersama tersebut dilaporkan Wafa.

Pemerintah keempat negara juga menyatakan penentangan mereka terhadap tindakan apa pun yang menantang kelangsungan solusi dua negara, di mana Israel dan Palestina dapat berbagi perbatasan yang aman dan diakui secara internasional, sambil menghormati aspirasi yang sah dari kedua bangsa untuk hidup dalam damai.

“Pemerintah Argentina, Brasil, Chili, dan Meksiko menyerukan kepada warga Israel dan Palestina untuk menahan diri dari tindakan dan provokasi yang dapat mengarah pada eskalasi kekerasan yang lebih besar, serta untuk melanjutkan negosiasi dengan maksud mencapai solusi damai atas konflik tersebut,” pungkasnya.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)