Enam Kapal Pengangkut Biji Bijian Ukraina Berangkat Lagi

Kapal pengangkut biji-bijian Ukraina (foto: Anadolu Agency)

Odessa, MINA – Sebanyak enam kapal pengangkut biji-bijian hasi kesepakatan ekspor pada Juni lalu di Istanbul, Turkey berangkat lagi dari pelabuhan-pelabuhan Ukraina.

Seperti dikutip dari Anadolu Agency, Senin (29/8), Kementerian Pertahanan Nasional Turki mengatakan, kapal-kapal tersebut mulai berlayar, Ahad (28/9) pagi.

Juli lalu, Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina menandatangani kesepakatan untuk kembali mengekspor biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina yang sempat terhenti akibat perang Rusia-Ukraina yang masih berlangsung hingga sekarang. 

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, sebuah Pusat Koordinasi Gabungan didirikan di Istanbul untuk mengawasi proses ekspor yang dipantau oleh pejabat dari tiga negara tersebut dan PBB.

Menurut Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov, Jumat (26/8), sebanyak 44 kapal sudah meninggalkan pelabuhan Ukraina sehingga mereka berhasil mengirim sejuta ton pangan ke 15 negara di seluruh dunia.

“Ukraina siap meningkatkan kapasitas ekspor  menjadi 3 juta ton per bulan untuk mencegah krisis pangan global,” tulisnya di Twitter. (T/ri/RE1/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)