ENAM ORANG TENTARA UKRAINA TEWAS PASCA GENCATAN SENJATA

Paska Kesepatan Gencatan Senjata (Foto : Press Tv)
E
Enam orang tewas Paska Kesepatan (Foto : Press Tv)

DKiev, 12 Shafar 1435H/6 Desember 2014M (MINA) – Bentrokan terbaru antara  tentara Ukraina dan pasukan pro- telah memakan korban jiwa di pihak Ukraina sehingga sekitar enam orang tentara tewas.

“Pada hari terakhir, kami kehilangan enam tentara dan 13 lainnya terluka,” kata Andriy Lysenko, juru bicara Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina. Demikian MEMO yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu .

Ukraina timur terus bergejolak meskipun sudah ada   damai Ukraina – Rusia untuk  mengadakan gencata senjata guna menghentikan pertempuran, di bawah syarat-syarat gencatan senjata yang dimediasi Kremlin.

Baca Juga:  Protes Mahasiswa Pro-Palestina Menyebar di Eropa

Para wakil dari Kiev, Moskow, telah memproklamirkan diri Donetsk dan Lugansk republik menandatangani perjanjian gencatan senjata pada 5 September di Belarusia, Minsk.

Donetsk dan Lugansk di Ukraina timur dengan penduduk berbahasa Rusia dan bersikap pro Rudia. Daerah-daerah itu telah menjadi ajang bentrokan berdarah antara demonstran pro-Rusia dan tentara Ukraina sejak operasi militer Kiev dimulai pada pertengahan April dalam usaha menghancurkan aksi protes kepada Ukraina dan mendukung Rusia tersebut.

Aksi kekerasan semakin meningkat pada bulan Mei setelah dua daerah  bergejolak itu mengadakan referendum lokal yang hasilnya sangat mendukung melepaskan diri dari Ukraina dan bergabung dengan Federasi Rusia.

Menurut laporan, sekitar 4.300 orang telah tewas dalam delapan bulan  konflik di Ukraina bagian timur itu. (T/P002/P2)

Baca Juga:  Polisi Bubarkan Paksa Protes Pro-Palestina di Universitas Paris

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0