Enam RS Arab Saudi Jadi Rujukan Kesehatan Jamaah Haji Indonesia

King Saud University Medical City (KSUMC) dan Rumah Sakit King Abdulaziz dan King Khalid di Arab Saudi telah terdaftar sebagai rumah sakit terbaik internasional 2022. (Dok. Saudi Press Agency).

Jakarta, MINA Panitian Penyelenggara Ibadah (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan daerah kerja (Daker) Makkah telah siap memberikan pelayanan kesehatan kepada jamaah haji. Enam RS di Arab Saudi siap kesehatan bagi jamaah haji .

Beberapa RS Arab Saudi yang menjadi RS rujukan bagi jemaah haji di Daker Makkah yaitu RS Al Noor, RS King Faisal, RS King Abdul Aziz, RS King Abdullah, RS Heera, dan RS Wiladah, demikian keterangan yang diterima MINA.

Setelah PPIH melakukan kunjungan, Jumat (2/6/2023). Tim Klinik Kesehatan Haji Indonesia KKHI Makkah bertemu langsung dengan pimpinan dari RS tersebut dan seluruhnya menyampaikan kesiapan mereka untuk membantu terutama pada penanganan kesehatan bagi jamaah haji Indonesia.

Baca Juga:  Netanyahu: Perang Gaza Tidak akan Berakhir Meski Pertukaran Tawanan Dilakukan

Kasie Kesehatan Daker Makkah Andi Ardjuna Sakti beserta tim KKHI Makkah mengadakan kunjungan ke enam Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), setempat guna menjalin kerja sama untuk menunjang pelayanan jemaah haji Indonesia. Namun kemungkinan bisa dirujuk ke RSAS.

“Harapannya dengan silaturahmi dan kunjungan kepada pihak manajemen RSAS ini, maka jemaah haji dapat terlayani dengan baik,” kata Arjuna.

Tim KKHI Makkah juga berkesempatan untuk melihat secara langsung fasilitas layanan RSAS dalam penanganan kesehatan terutama saat penyelenggaraan ibadah haji. Salah satunya yaitu fasilitas penanganan penyakit jantung dan pembuluh di RS King Abdullah.

Diketahui bahwa RS King Abdullah merupakan rumah sakit spesialis jantung terbesar di Makkah. Kemenkes Arab Saudi Bantu Tim Kesehatan Indonesia

Baca Juga:  Israel Serang Kantor Biro Al Jazeera di Al Quds 

Sehari sebelumnya, Kepala KKHI Makkah Edi Supriyatna dan tim juga telah bertemu dan berkoordinasi dengan Kemenkes Arab Saudi guna mempermudah akses KKHI Makkah dalam melaksanakan visitasi jemaah haji yang dirawat di RSAS.

Kemenkes Arab Saudi memberikan komitmen untuk mendukung operasional bidang kesehatan di Daker Makkah terutama terkait pelayanan rujukan ke RS Arab Saudi.

“Alhamdulillah pihak Kemenkes Arab Saudi memberikan komitmennya untuk membantu KKHI Makkah dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji Indonesia,” kata Edi. (R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.