Erdogan: Agar Patuhi Gencatan Senjata di Gaza, Israel Harus Terus Ditekan

Ankara, MINA – Tekanan perlu ditingkatkan terhadap Israel agar mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut segera di Jalur Gaza, Palestina.

“Tekanan harus ditingkatkan terhadap Israel, anak Barat yang manja dan melanggar hukum, agar Israel mematuhi keputusan ini,” kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam sebuah pertemuan, Rabu (27/3), Anadolu Agency melaporkan.

Erdogan juga bersumpah bahwa Türkiye akan “melakukan bagiannya” agar keputusan Dewan Keamanan dapat dipenuhi.

“Sebagai warga Turki, kami akan melakukan bagian kami agar keputusan ini, yang kami sambut baik, dapat dipenuhi,” katanya.

Dewan Keamanan PBB, Senin (25/3) mengeluarkan resolusi yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza selama bulan suci Ramadhan. Meskipun Hamas menyambut baik langkah tersebut, Israel menolak permintaan gencatan senjata dan berjanji untuk melanjutkan serangannya di wilayah kantong Palestina itu.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di wilayah Palestina sejak 7 Oktober 2023.

Hampir 32.500 warga Palestina meninggal atau syahid dan 74.900 lainnya terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Perang Israel, yang kini memasuki hari ke-173, telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.