Erdogan: Assad Sebabkan Jutaan Penduduknya Mengungsi

Ankara, 6 Ramadhan 1437/11 Juni 2016 (MINA) – Presiden Turki mengatakan, sejawatnya dari , Bashar al-Assad, telah menyebabkan 12 juta penduduknya mengungsi melarikan diri dari negara itu termasuk 3 juta orang yang mengungsi ke Turki.

“Dia juga seorang pembunuh yang telah membunuh 600.000 warganya,” kata Erdogan kepada wartawan di Muhammad Ali Center di Louisville, Kentucky, di mana ia menghadiri doa pemakaman untuk legenda tinju Muhammad Ali.” Demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

“Turki saat ini menjadi tuan rumah bagi 3 juta pengungsi. Dan kami tuan rumah mereka. Saya berharap seluruh dunia harus mengisolasi Assad,” ungkapnya.

“Dan saya percaya fihak-fihak yang membantu Assad, benar-benar membantu Assad dalam kejahatannya,” katanya yang  jelas ditujukan kepada Rusia.

Moskow telah lama menjadi pendukung Assad, dan sejak September lalu mulai membantu kampanye serangan udara rezim Assad di Suriah.

Masyarakat Internasional, melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), telah banyak memberikan bantuan kemanusiaan ke kota-kota Suriah yang dikepung pasukan rezim Suriah dan sekutunya.

Sebuah batas waktu untuk bantuan udara ditetapkan bulan lalu oleh Kelompok Dukungan Suriah Internasional sebagai ikhtiar untuk mengakhiri krisis di negara itu, tapi berakhir tanpa banyak kemajuan dalam pemberian bantuan.

AS telah mendesak pemerintah Suriah untuk mengizinkan akses kemanusiaan ke kota-kota yang terkepung. (T/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)
http://aa.com.tr/en/middle-east/erdogan-killer-assad-engages-in-state-terrorism/587390

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.