Erdogan Bersama Ribuan Warga Turki Shalat Gaib untuk Morsi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan shalat gaib bersama ribuan warganya di Masjid Fatih untuk menghormati mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi, Selasa, 18 Juni 2019. (Foto: Anadolu Agency)

Ankara, MINA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersama ribuan rakyatnya di 81 provinsi melaksanakan shalat gaib untuk mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi yang meninggal pada Senin (17/6)

Otoritas agama Turki, Diyanet, telah menyerukan pelaksanaan shalat gaib pada hari Selasa (18/6) di seluruh negeri.

Di Masjid Fatih Istanbul, tempat ribuan orang bergabung dalam shalat dan doa, Erdogan menyebut Morsi sebagai “syuhadah” dan menyalahkan “tiran” Mesir atas kematiannya.

Erdogan menyatakan bahwa ia tidak percaya bahwa Morsi meninggal karena sebab alamiah.

“Saya tidak percaya bahwa ini adalah kematian normal,” kata Erdogan, pendukung utama Morsi, demikian Al Jazeera melaporkan.

Morsi diumumkan wafat saat menjalani sesi persidangannya di pengadilan Turki Senin lalu.

Presiden Turki juga mengecam pemerintah Mesir karena mengubur Morsi secara diam-diam, dengan hanya sejumlah kecil anggota keluarga dan orang kepercayaan yang hadir.

“Mereka begitu pengecut sehingga mereka bahkan tidak bisa menyerahkan jenazahnya kepada keluarganya,” kata Erdogan.

Partai AK Turki yang berkuasa mendukung pemerintah Morsi. Banyak anggota dan pendukung Ikhwanul Muslimin, asal Morsi, melarikan diri ke Turki sejak ormas Islam itu dilarang rezim militer yang mengkudeta Morsi Mesir pada 2013. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)