Erdogan Desak Arab Saudi Kedepankan Persaudaraan

Presiden . (Foto: dok. Ekathimerini)

Istanbul, 15 Ramadhan 1438/10 Juni 2017 (MINA) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, mendesak untuk menghentikan sepenuhnya blokade terhadap Qatar dan lebih mengedepankan persaudaraan dibandingkan permusuhan.

Desakan itu disampaikan setelah ia menyetujui pengerahan pasukan Turki di Qatar.

Menurut Erdogan, mengisolasi Qatar tidak akan menyelesaikan masalah regional dan ia berjanji untuk melakukan segalanya dengan kekuatannya membantu mengakhiri krisis regional.

“Kami tidak akan meninggalkan saudara Qatar kami,” kata Erdogan kepada anggota Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) pada sebuah acara iftar pada hari Jumat (9/6) di Istanbul. Demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Arab Saudi telah memimpin pengucilan terhadap Qatar yang dituding mendukung Iran dan kelompok teror.

“Saya juga memiliki permintaan khusus kepada pemerintah Saudi, Anda adalah negara terbesar dan terkuat di Teluk. Kami menyebut Anda Penjaga Tempat Suci. Anda semestinya harus bekerja untuk persaudaraan, bukan permusuhan. Anda harus bekerja untuk membawa Saudara bersama-sama. Inilah yang kita harapkan dari Saudi, Penjaga Masjid Suci,” ujar Erdogan yang ditujukan kepada Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz.

Ia menegaskan bahwa dirinya tidak pernah menyaksikan pemerintah Doha mendukung “terorisme”. (T/RI-1/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)