Erdogan: Krisis Gaza Bukti Runtuhnya Tatanan Global Saat Ini

Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan berbicara di Forum Diplomasi Antalya, Jumat, 1 Maret 2024. (Foto: dok. AA)

Antalya, MINA – “ adalah bukti runtuhnya tatanan global saat ini,” kata Presiden Turkiye pada Jumat (1/3), merujuk pada konflik di Suriah, Yaman, Libya, dan Ukraina.

Berbicara di Forum Diplomasi Antalya, Erdogan mengatakan, abad ini telah berubah menjadi era krisis karena tatanan internasional yang berdasarkan aturan telah kehilangan makna dan menjadi “tidak lebih dari sekedar slogan.”

“Sistem internasional saat ini, tanpa konsep fundamental seperti solidaritas, keadilan, dan kepercayaan, tidak dapat memenuhi tanggung jawab minimal sekali pun,” tambahnya dalam pidatonya pada acara tersebut, yang diadakan di pantai Mediterania selatan Turkiye. Anadolu melaporkan.

Mengenai serangan Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 30.000 warga Palestina, ia mengatakan negara-negara Barat yang tanpa syarat mendukung Tel Aviv “terlibat dalam pertumpahan darah dengan kebijakan munafik mereka.”

“Apa yang terjadi di Gaza bukanlah konflik, ini adalah genosida, karena perang pun mempunyai aturannya sendiri,” katanya.

“Saya berbicara tentang pengkhianatan, penargetan yang tidak terhormat, kebiadaban yang tidak memiliki rasa hormat,” tambahnya.

Erdogan juga mengkritik tajam organisasi-organisasi internasional atas apa yang disebutnya sebagai “kelemahan dan disfungsi” mereka.

“Kita telah melihat betapa lemah dan tidak berfungsinya lembaga-lembaga internasional seperti Dewan Keamanan PBB, yang tugasnya menjamin perdamaian global, Uni Eropa dan lainnya,” ujarnya. (T/RI-1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.