Erdogan: Pembatasan di Al-Aqsha tak Dapat Diterima

(Foto: Anadolu Agency)

Ankara, MINA – Recep Tayyip dan Presiden Mahmoud Abbas pada hari Kamis (20/7) membahas ketegangan di Kota Al-Quds, menyusul pembatasan dan tindakan keamanan terbaru terhadap masuknya jamaah Muslim Palestina ke Masjid Al-Aqsha.

Erdogan menelepon Abbas pagi hari, mengungkapkan keprihatinan kepada mitranya dari Palestina itu atas meningkatnya pelanggaran hak asasi manusia oleh Israel di Kota Al-Quds, demikian laporan Kantor Berita Nasional Turki Anadolu Agency.

“Setiap pembatasan terhadap umat Islam yang memasuki Masjid Al-Aqsha tak dapat diterima,” kata Erdogan di Ankara, menambahkan bahwa “perlindungan karakter dan kesucian Islam di Al-Quds [Yerusalem] dan Al-Haram Al-Sharif [Kompleks Masjid Al-Aqsha] adalah Penting bagi seluruh dunia Muslim.”.

Kantor Berita Palestina WAFA melaporkan, selama panggilan telepon tersebut, Abbas meminta Erdogan meminta Amerika Serikat untuk memberi tekanan pada Israel, sehingga menghentikan tindakan pembatasan di Masjid Al-Aqsa.

Pihak berwenang Israel menutup kompleks Al-Aqsha dan membatalkan shalat Jumat untuk pertama kalinya dalam hampir lima dasawarsa, menyusul baku tembak pekan lalu yang menyebabkan tiga warga Palestina dan dua polisi Israel tewas di dekat lokasi suci di Al-Quds Timur.

Pada hari Rabu, tentara Israel melukai sembilan warga Palestina dan menahan empat lainnya selama aksi protes menentang penutupan tersebut.

Protes dimulai pada hari Ahad (16/7) setelah pimpinan masjid meminta jamaah Muslim untuk memboikot detektor logam baru yang terpasang di pintu masuk masjid.

Israel telah membela langkah tersebut, mengklaim bahwa alat itu tidak berbeda dengan tindakan pengamanan di tempat-tempat suci lainnya di seluruh dunia.

Israel menduduki Al-Quds Timur selama Perang Timur Tengah 1967. Entitas Zionsi itu kemudian mencaplok kota tersebut pada tahun 1980, mengklaim bahwa seluruh Kota Al-Quds sebagai ibukota “abadi” negara Yahudi – sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Masjid Al-Aqsha yang berada di timur Kota Al-Quds merupakan tempat suci ketiga bagi umat Islam di dunia. (T/R01/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.