Erdogan Sambut Mahathir di Bandara Ankara

Ankara, MINAPresiden Turki Recep Tayyip Erdogan beserta Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu berjumpa dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di Bandara Internasional Esenboga di ibu kota Ankara.

Presiden Erdogan menyambut kedatangan Mahathir pada Rabu (24/7) malam di Ankara, kunjungan tersebut atas undangan resmi pihaknya guna membicarakan hubungan bilateral, Jumat (26/7).

Pertemuan resmi Mahathir dengan Erdogan digelar pada Kamis di Istana Kepresidenan, seperti dikutip dari AA.

Kedua pihak membahas hubungan bilateral dalam semua bidang, khususnya kerja sama dalam industri pertahanan dan perdagangan.

Sebelumnya pada Rabu siang, Cavusoglu bertemu dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah di Ankara.

Mahathir berada di Turki hingga Sabtu 27 Juli.

“Kami telah membahas hubungan yang luar biasa dengan mitra strategis kami di Asia Tenggara, Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah,” cuit Cavusoglu dalam akun Twitter-nya.

Cavusoglu mengungkapkan kerja sama dalam industri pertahanan dengan Malaysia akan meningkatkan hubungan ekonomi dengan salah satu mitra dagang terpenting di Asia Tenggara itu.

Di sisi lain, Duta Besar Malaysia untuk Turki Abd Razak Abdul Wahab mengatakan pertemuan Mahathir dan Erdogan akan diikuti oleh pertemuan delegasi kedua negara di Istana Presiden Turki.

Dia mengatakan selama kunjungan empat hari di Turki, Mahathir didampingi Menteri Luar Negeri Saifuddin Abdullah, Menteri Pertahanan Mohamad Sabu dan Menteri Perdagangan dan Industri Internasional Ignatius Darell Leiking.

Sebelum bertemu Erdogan, Mahathir akan mengunjungi Turkish Aerospace Industries (TAI), untuk melihat lebih dekat industri penerbangan Turki.

Abd Razak menuturkan Mahathir akan menghadiri diskusi bersama sekitar 35 perusahaan besar Turki pada Jumat.(T/RS3/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)