ERDOGAN TERIMA PENGHARGAAN DARI GERAKAN RABIA INTERNASIONAL

International Rabia Platform di Istanbul, Jumat, 14 Agustus 2015. (Foto: AA)
International Rabia Platform di Istanbul, Jumat, 14 Agustus 2015. (Foto: AA)

Istanbul, 2 Dzulqa’dah 1436/17 Agustus 2015 (MINA) – Recep Tayyip Erdogan telah menerima Rabaa Honor Award oleh sebuah kelompok kampanye International Rabia Platform yang mendukung Presiden Mesir yang digulingkan, .

Diselenggarakan oleh Rabia Platform bersama Asosiasi Pelatihan dan Penelitian Divan, upacara penghargaan diadakan di Istanbul, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin 17/8.

Erdogan mengatakan dalam pesan yang dibacakan pada pertemuan itu, ia mengenang dan menghormati kebebasan, demokrasi dan perjuangan rakyat Mesir di Rabaa Square untuk mendukung presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis, Muhammad Mursi.

Pada 14 Agustus 2013, pasukan keamanan Mesir menembaki dua kubu protes di Kairo, menewaskan sedikitnya 1.150 orang, menurut Human Rights Watch.

Kamp-kamp protes di Rabaa al-Adawiya dan Nahda Square di Kairo yang mendukung Mursi dibubarkan secara paksa dan kekerasan.

Sementara itu, saat ini tim pengacara Mursi sedang mengajukan banding atas putusan hukuman mati terhadap pimpinan Ikhwanul Muslimin itu.

Pengacara Abdul Munim Abdul Maqsud mengatakan kepada harian Mesir  Ahram Online, tim-nya sudah menyerahkan berkas-berkas yang berhubungan dengan kasus pelarian dari Penjara Wadi Natroun pada 2011, di mana insiden itu membuat Mursi dijatuhi hukuman mati dan satu kasus lainnya di mana Mursi dijatuhi hukuman seumur hidup.

Pada 16 Mei, pengadilan mengeluarkan vonis hukuman mati awal terhadap Mursi dan 105 terdakwa karena didakwa melarikan diri dari Penjara Wadi Natroun saat penggulingan presiden berkuasa Husni Mubarak. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0